Maknai Idul Adha, Dinas Pertanian Barut Berbagi Kepada Masyarakat Kurang Mampu

Print Friendly and PDF


MUARA TEWEH - Di tengah-tengah kesibukannya, Budi Surapati sebagai Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara (Barut) tidak meninggalkan momen Idul Adha ini dengan berkurban satu ekor sapi dan satu ekor kambing, Kamis (23/8/2018).

Dikatakan Budi Surapati, hewan kurban tersebut tidak hanya khusus untuk kalangan pegawai Dinas Pertanian saja, akan tetapi juga berbagi terhadap orang-orang yang tidak mampu.

"Tahun depan rencananya saya akan mengurbankan lima ekor sapi dan tidak menutup kemungkinan juga kita akan serahkan ke pihak yang kurang mampu," ujarnya.

Selain itu, Dinas yang dipimpinnya saat ini sudah menyiapkan lahan sebesar 150 hektare lahan untuk  pembibitan kakau, kemudian juga akan mengintensifkan perkebunan lada, karena prospek lada itu sangat menjanjikan dan perkembangannya juga bagus.

"Pola intregrasi jagung dan karet, kemudian akan memperkuat perkebunan sawit, melalui pemilihan bibit-bibit yang unggul. Karena hasil temuan kami dilapangan banyak sekali bibit-bibit yang tidak jelas asal muasal benihnya serta dalam hal penanaman dan cara perawatan nya," katanya.

Sehingga, lanjut Dia, sangat mempengaruhi tingkat produktivitas kebun itu sendiri. Pihaknya juga akan memperbaiki pembibitannya sampai pada gerak tanam serta mengarahkan  masyarakat untuk tidak menggunakan pupuk kimia dan menganjurkan mereka menggunakan pupuk organik.

"Nah di sini saya juga akan memperjelaskan kepada masyarakat bahwa perkebunan mandiri yang di luar kemitraan itu, juga berhak mendapatkan pupuk bersubsidi," tutupnya.[doni]


TAG