• Latest News

    Rabu, 08 Agustus 2018

    LCM Upaya Pengolahan Bahan Makanan Lokal Menjadi Menu Alternatif


    PULANG PISAU - Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis)  khususnya Dinas Ketahanan Pangan dan Tim Penggerak PKK Pemkab Pulpis menggelar Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (LCM B2SA) Berbasis Sumber Daya Lokal.

    Acara yang dilaksanakan di Aula Gedung Wanita Sumbu Kurung, Pulang Pisau itu, satu rangkaian hari jadi Kabupaten Pulang Pisau ke 16 dan dalam rangkaian memeriahkan HUT RI ke 73.

    Lomba tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat dalam mengkonsumsi panganan yang beragam, baik dalam rumah tangga, pelaku usaha maupun dari sisi produksi.

    "Dengan penganekaragaman pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman akan membentuk manusia sehat, aktif dan produktif," ucap Pj Bupati Pulpis, H Sunarti, Rabu (8/8/2018).

    Dari itu lanjutnya, dengan adanya kegiatan lomba ini, maka dapat menciptakan dan mengembangkan aneka ragam menu masakan dengan berbagai bahan alternatif lainnya.

    "Melalui lomba ini diharapkan masyarakat khusunya peserta lomba dapat berkreasi menciptakan/mengembangkan resep yang beragam, bergizi seimbang dan aman berbasis sumber daya lokal serta dapat diterapkan sebagai menu keluarga sehari-hari," katanya.

    Dijelaskannya, LCM B2SA Berbasis Sumber Daya Lokal tersebut adalah menyajikan kreasi menu keluargan yang beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA) berbasis sumber daya lokal, dapat diterapkan sebagai menu keluarga sehari-hari, menggunakan bahan pangan yang mudah diperoleh di sekitar lingkungan masyarakat.

    "Dalam penyusunan menu harus memperhitungkan kebutuhan konsumsi pangan anggota keluarga (porsi) sesuai dengan Pedoman Gizi seimbang sesuai anjuran Angka Kecukupan Gizi/AKE," katanya.

    Adapun tujuan dari LCM B2SA tersebut adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan B2SA dan meningkatkan pemahaman peserta/masyarakat dalam penerapan prinsip B2SA.

    "Kita juga bermaksud untuk mendorong dan meningkatkan kreatifitas masyarakat dalam mengembangkan atau menciptakan menu B2SA berbasis sumber daya lokal," tutupnya.

    Ia juga mengungkapkan sedikitnya ada 77 jenis bahan makanan lokal yang kandungan karbohidratnya hampir sama dengan beras. Sehingga bisa dimanfaatkan sebagai makanan alternatif, seperti Ubi Jalar, Talas, Sagu, Singkong dan masih banyak bahan makanan lainnya.

    "Kandungan jenis makanan itu sama dengan beras. Jadi, apabila diolah secara kreatif akan menghasilkan makanan yang enak dan bisa menghemat pengeluaran keluarga tentunya," ujar H Sunarti.

    Sementara, peserta lomba sendiri diikuti oleh perwakilan tim PKK dari 8 kecamatan di wilayah Pulpis. Dan dinilai oleh juri dari Provinsi Kalteng.[manan]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: LCM Upaya Pengolahan Bahan Makanan Lokal Menjadi Menu Alternatif Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top