KPU Kapuas Tetap akan TMS kan Bacaleg Mantan Terpidana Tipikor

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas, hingga saat ini tetap berpedoman pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 20 Tahun 2018 dalam memverifikasi Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) dari Partai Politik, yang mana dalam PKPU itu menyebutkan melarang mantan terpidana tipikor sebagai Bacaleg.

Hal ini  sebagaimana dikatakan Agus Helmi, komisioner divisi tekhnis KPU Kapuas, Selasa, (7/8/2018) di Kantor KPU, Jalan Tambun Bungai Kapuas.

"Petunjuk KPU Pusat pun memang seperti itu, kita akan TMS kan yang tidak sesuai," beber Agus Helmi.

Pihak KPU sambungnya tetap mangacu pada PKPU nomor 20 tahun 2018, dimana aturan larangan itu ditulis dalam pasal 7 ayat (1) huruf h, selain mantan terpidana korupsi, mantan bandar narkoba, hingga mantan terpidana pelaku kejahatan seksual pun dilarang jadi caleg.

"Kita sudah melakukan pengecekan (nama-nama) di Kejaksaan dan Kepolisian, sesuai apa isi SKCK dengan surat keterangan pengadilan," imbuhnya.

Pihaknya mengakui dari daftar nama Bacaleg yang telah didaftarkan terdapat lima nama bacaleg, yang merupakan mantan terpidana perkara yang dimaksudkan dalam PKPU tersebut.

"Kita juga  sudah memberitahukan kepada Partai Politik, pada saat perbaikan," terangnya lagi.

Sebagaimana jadwal dan tahapan pada tanggal 8 hingga 12 Agustus, KPU Kapuas akan melakukan penyusunan dan penetapan Daftar Caleg Sementara (DCS), dilanjutkan pengumuman hasil perbaikan, dan penetapan Daftar Caleg Tetap (DCT) pada bulan September mendatang.[zulkifli]


TAG