Komposisi Pileg Kapuas Terbagi Lima Dapil

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas menetapkan lima daerah pemilihan (Dapil) untuk pemilihan legislatif (Pileg) pada Pemilu 2019 nanti. Dapil itu ditentukan berdasarkan hitungan jumlah penduduk, dan batas wilayah.

Untuk masing-masing Dapil alokasi kursi  DPRD tidak sama. Jumlah alokasi kursi DPRD Kapuas sebanyak 40 kursi yang akan diperebutkan calon legislatif dari Partai Politik.

"Sebanyak 17 Kecamatan di Kabupaten Kapuas dibagi menjadi lima daerah pemilihan," kata Agus Helmi Komisioner KPU Kapuas, divisi teknis, Sabtu (25/8/2018).

Kecamatan Selat, lanjut dia, adalah Dapil I, dengan alokasi tujuh kursi. Dapil II terdiri dari wilayah Kecamatan Basarang, Kapuas Barat dan Kecamatan Mantangai pada dapil II ini jumlah alokasi kursi DPRD sebanyak sembilan kursi.

"Untuk Daerah pemilihan III sebanyak lima alokasi kursi DPRD," imbuh Agus.

Dapil III, sambungnya, terdiri lima kecamatan, yaitu Kecamatan Kapuas Hulu, Pasak Telawang, Kapuas Tengah, Timpah dan Kecamatan Mandau Telawang.

Untuk Dapil IV sebanyak delapan alokasi kursi, Dapil IV terdiri dari Kecamatan Kapuas Hilir, Pulau Petak, Kapuas Murung dan Kecamatan Dadahup.

Daerah pemilihan V ada empat kecamatan yaitu,Kecamatan Kapuas Timur, Bataguh, Tamban Catur, dan Kecamatan Kapuas Kuala.

"Dapil V alokasi kursi terbanyak dari semua Dapil yaitu berjumlah 11 kursi untuk DPRD Kapuas," tutup Agus.[zulkifli]


TAG