• Latest News

    Senin, 20 Agustus 2018

    Kematian Orangutan di Desa Ini masih Misteri?


    SERUYAN - Kasus kematian orangutan di wilayah Desa Tanjung Hanau, Kecamatan Hanau, Kabupaten Seruyan yang terjadi sekitar awal Juli 2018, sampai sekarang masih diliputi misteri.
    Arkani, tokoh masyarakat yang juga pengurus Barisan Pertahanan Masyarakat Adat Dayak Desa Tanjung Hanau saat ditemui kabarkalteng.com, Selasa (7/8/2018) di kediamannya mengungkapkan, kejadian matinya orangutan sempat membuat geger dan meresahkan warga desa.
    Selaku warga desa dan tokoh adat setempat, Arkani sangat mendukung diusutnya kasus kematian orangutan tersebut. Kendati demikian, Dia juga berharap agar pengusutan kasus tersebut bisa berimbang dan tidak
    merugikan dan mengorbankan pihak manapun.
    Menurutnya, karena posisi desanya berada di tengah-tengah perkebunan kelapa sawit, maka segala macam kemungkinan bisa terjadi. Selama ini, orangutan yang dikembalikan ke habitatnya ini terganggu, karena tempatnya bersarang sudah banyak yang rusak. Minimnya sumber makanan menyebabkan orangutan kerap muncul di pemukiman warga untuk mencari makan.
    "Orangutan kerap muncul di desa kami untuk mencari makanan. Ini dikhawatirkan menimbulkan kerawanan dan berpotensi konflik, karena orangutan termasuk hewan yang dilindungi," ujarnya.
    Ditemui terpisah, Camat Hanau, Sarian kepada kabarkalteng.com membenarkan kejadian yang terjadi di wilayahnya. Dia mengimbau agar semua pihak dan instansi yang terkait dapat bersama-sama untuk bertanggung jawab dan menemukan solusinya agar ke depannya tidak terjadi lagi hal yang sama dan dapat membuat keresahan warga.
    "Saya mengimbau agar kita sama-sama bisa memikirkan cara apa yang tepat agar tidak ada pihak-pihak yang merasa dirugikan dan dikorbankan dalam kasus ini," tutupnya.[tomi]

    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Kematian Orangutan di Desa Ini masih Misteri? Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top