Kedepankan Budaya, Pawai Pembangunan 2018 Lebih Meriah

Print Friendly and PDF


BUNTOK - Mengusung tema kebudayaan, pawai pembangunan rangkaian peringatan HUT Ke-73 RI, di Kabupaten Barito Selatan, yang dilaksanakan Sabtu (18/8/2018), diklaim sebagai yang paling meriah sepanjang penyelenggaraan kegiatan serupa.

Dengan jumlah peserta mencapai 7.000 lebih, yakni terdiri dari 19 grup TK dan SD sederajat, 8 grup SLTP, 4 grup SMA sederajat, 2 grup Perguruan Tinggi, 35 grup dari Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) dan terakhir 4 grup dari BUMN dan BUMD.

Diakui oleh Koordinator kegiatan, Suhardi, bahwa kegiatan yang dinamai Pawai Pembangunan dan Karnaval Budaya ini, lebih banyak pesertanya dan lebih meriah dibandingkan dengan pelaksanaan pawai-pawai serupa pada tahun-tahun sebelumnya.

"Kita tahun ini pesertanya lebih banyak dan lebih meriah daripada tahun-tahun yang lalu, ada 72 grup peserta dengan total orangnya mencapai 7.000 lebih yang resmi terdaftar, ditambah kemungkinan ada peserta yang tidak terdaftar, bisa mencapai 8.000 orang pesertanya," terang Suhardi kepada KabarKalteng, di sela kegiatan pelepasan peserta pawai, di Lapangan Stadion Batuah Kota Buntok, Kecamatan Dusun Selatan, Barsel.

Perbedaan yang lebih menyolok, adalah dalam pelaksanaan pawai tahun 2018 ini, dijelaskan oleh Suhardi lagi, adalah lebih ditonjolkannya aspek kebudayaan.

Hal tersebut, dikatakan oleh Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga dan Kebudayaan (Disparporabud) Barsel ini, adalah upaya dalam menumbuhkan semangat dan kecintaan masyarakat terhadap adat istiadat dan kebudayaan lokal, serta merupakan sekaligus promosi kebudayaan Barsel kepada masyarakat secara luas.

"Perbedaan tahun ini dengan tahun kemarin adalah, lebih ditonjolkannya sisi kebudayaan, kalau tahun-tahun sebelumnya kan lebih menonjolkan pawai pembangunannya saja. Kita mau dengan begini semangat dan kecintaan masyarakat terhadap kebudayaan lokal akan semakin bertumbuh," pungkasnya.

Pawai yang dilepas oleh Bupati Barsel, H Eddy Raya Samsuri ST ini, akan melewati rute start di Stadion Batuah, melintasi Jalan Pelita Raya, Pembangunan, Panglima Batur, Pahlawan, Merdeka Raya, Uria Mapas dan finish kembali di Stadion Batuah.[tampetu]


TAG