Kapan Dilantik, Ini Keterangan Edy Pratowo...!

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Setelah dinyatakan menang atas gugatan sengketa pilkada di Mahkamah Konstitusi (MK) 10 Agustus 2018 lalu atas rival politiknya H Idham Amur dan H Jayadikarta, kini pasangan calon H.Edy Pratowo, S.Sos. MM, dan Pudjirustaty Narang tinggal menunggu jadual pelantikan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Pulang Pisau periode 2018-2023.

Kapan pelantikan itu digelar, menurut Edy masih menunggu kesiapan Gubernur. "Kita masih menunggu jadwal dari Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran, kapan beliau siap, kita juga siap," ujarnya, Jumat (31/8) mengabarkan.

Rencananya, lanjut Edy, tanggal 22 September, namun jika tanggal itu pelantikan, berarti walikota Palangka Raya dan Bupati Barito Utara tidak ikut dilantik karena masa jabatan walikota jatuh tanggal 23 September, sedangkan Bupati Muara Teweh tanggal 25 September 2018.

"Ini juga jadi pertimbangan gubernur, beliau sih nampaknya ingin dilaksanakan serentak di Palangka Raya," katanya.

Kalau begitu, tambahnya, kemungkinan tidak pada tanggal 22 September Edy-Taty dilantik, bisa jadi antara tanggal 26 atau 27 September. "Yang pastinya kita masih menunggu kabar dari gubernur Kalteng," tukasnya.

Namun selain itu, ujar Edy, masih ada opsi lain, misalnya pelantikan digelar secara road show di kabupaten masing-masing. "Misalnya dilaksanakan sekali road show dilantik 2 bupati secara bertahap, dan terakhir pelantikan walikota dan bupati Muara Teweh pada tanggal diatas 23-25 September 2018," ungkapnya.

Intinya, jadual pelantikan sejumlah bupati dan walikota di Kalteng menunggu informasi terakhir dari gubernur Kalteng.

"Kita semua para bupati dan walikota siap saja kapan jadual ditetapkan, dan kita sudah bicara langsung dengan pak gubernur beberapa waktu lalu," tukas Edy.

Sebagaimana diketahui, dari 11 kabupaten 1 kota di provinsi Kalteng yang menggelar pilkada serentak 27 Juli 2018 lalu, terdapat 10 bupati 1 walikota di di Kalteng yang akan dilantik pada bulan September 2018 ini.

Antara lain Bupati Pulang Pisau, Lamandau, Kuala Kapuas, Barito Utara, Barito Timur, Murung Raya, Sukamara, Katingan, Seruyan dan 1 walikota Palangka Raya, sementara 1 kabupaten yakni Gunung Mas tidak terlibat dalam pelantikan bulan September 2018 ini karena masa bhakti bupati terdahulu berakhir pada tahun 2019 mendatang.[manan]


TAG