Jawaban Belum Memuaskan, Dewan Skor RDP Wacana Rotasi ASN Kapuas

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Bergulirnya isu rencana Pemkab Kapuas melakukan rotasi Aparatur Sipil Negara (ASN), sebanyak 75 ASN eselon direkomendasikan untuk ditindaklanjuti Inspektorat Provinsi Kalteng. 

Inspektorat sendiri kabarnya mengantongi temuan sebanyak 199 ASN. Ini teringkap saat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP), Jumat (31/8/2018).

Rapat Dengar Pendapat (RDP) dipimpin oleh Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Kapuas, Robert Linuh Gerung. Dia secara tegas mempertanyakan dasar-dasar akan terjadinya mutasi besar-besaran untuk pejabat ASN eselon di lingkungan Pemkab Kapuas ini.

"Sebagaimana diketahui bersama, tupoksi dan tugas utama seorang Pj sudah diatur dalam aturan Mendagri. Jadi perlu diketahui terlebih dahulu kenapa akan terjadinya mutasi," kata Robert Linuh Gerung usai memimpin RDP diruang rapat Gabungan Komisi DPRD Kabupaten Kapuas.

Penjelasan dari anggota Baperjakat Pemkab Kapuas, lanjutnya, masih belum bisa memuaskan sehingga diperlukan kehadiran Pj Bupati Kapuas atas masalah ini.

"RDP kita skor sampai Senin depan,  karena penjelasan anggota Baperjakat Pemda Kapuas masih belum memuaskan dan tidak mendapatkan kesimpulan sesuai dengan aturan," tegas politisi dari PDIP ini.

Lebih lanjut dikatakan, pihaknya mengharapkan adanya kedamaian bersama, baik bagi masyarakat maupun ASN di bumi Tingang menteng Panunjung Tarung ini. "Diimbau agar ASN tetap semangat dalam bekerja, tingkatkan kinerja," harap Robert.

Begitu juga dalam melaksanakan roda pemerintahan agar bersama menjalankannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sebagaimana tanggapan-tanggapan para  Ketua Komisi, dari Komisi I oleh H Darwandie (Ketua) Berintho, Ketua Komisi IV,  Lawin, Ketua Fraksi PAN, H.  Ahmad Zahidi serta Ketua Fraksi Gerindra.

"Satu per satu melontarkan pertanyaan dan pendapat disampaikan kepada Baperjakat saat itu, namun jawaban pihak Baperjakat masih tidak bisa memuaskan," pungkas politisi senior PDIP tersebut.[zulkifli]


TAG