Imunisasi Cegah Sembilan Penyakit

Print Friendly and PDF


IMUNISASI - Pj Bupati Kapuas Agus Pramono yag diwakili Asisten perekonomian dan pembangunan H Masrani saat melihat langsung proses pemberian Imunisasi Measles Rubella (IMR) di SMPN 1 Selat Kuala Kapuas.

KUALA KAPUAS - Pemerintah Kabupaten Kapuas melaksanakan acara pencangan Kampanye Imunisasi Measles Rubella (IMR) yang dibuka oleh Pj Bupati Kapuas Agus Pramono, pada kesempatan itu diwakili oleh Asisten perekonomian dan pembangunan H Masrani, Rabu (1/8/2018) pagi di SMPN 1 Selat Kuala Kapuas.

Dalam sambutan tertulis Pj Bupati Kapuas yang dibacakan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan menyampaikan bahwa masa depan anak-anak adalah tanggung jawab bersama oleh karena itu imunisasi penting sebagai upaya pencegahan penyakit.

"Anak yang sehat harus bebas penyakit, mempunyai status gizi yang baik, hidup dalam lingkungan sehat dan mendapat pendidikan berkualitas, salah satu cara efektif dalam mencegah penyakit adalah dengan memberikan imunisasi pada masa bayi, kanak-kanak dan dewasa," ucapnya.

Pelayanan imunisasi yang diberikan harus berkualitas mengunakan vaksin yang aman dan efektif serta dengan cakupan imunisasi yang tinggi dan merata.

Lebih lanjut ia juga menerangkan bahwa Pemerintah mewajibkan imunisasi karena imunisasi adalah upaya nyata yang paling efektif untuk mencegah penyakit menular serta berbahaya bagi anak-anak, imunisasi selama ini memberikan perlindungan terhadap delapan penyakit yaitu Tuberkulosis, campak, difteri, batuk renjan, tetanus, polio, hepatitis B dan hemofilus influenzae yang kemudian pada hari itu pemerintah akan memberikan perlindungan kepada satu penyakit lagi yaitu rubella sehingga anak-anak akan terlindungi dari sembilan penyakit dengan imunisasi.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Apendi menjelaskan dalam  pencangan Kampanye IMR tingkat Kabupaten Kapuas adalah upaya pencegahan penukaran campak dan rubella di masayarakat dengan cara memberikan vaksin yaitu imunisasi sembilan bulan sampai 15 tahun yang juga dilaksanakan di seluruh Indonesia.

"Karena Indonesia telah berkomitmen bebas campak dan rubella pada tahn 2020," bebernya.

Kampanye tersebut juga adalah sebagai langkah awal dalam pencegahan campak dan rubella, karena rubella bisa menyebabkan kecacatan bahkan kematian. Sasaran terbesar nomor dua di Kalimantan Tengah adalah Kabupaten Kapuas dengan target 93.245 anak atau sekitar 95 persen dengan waktu pelaksanaan agustus sampai dengan September, imunisasi tersebut akan dilaksanakan gratis.

Ucapan terima kasih juga ia sampaikan secara langsung atas terselenggaranya acara pencangan kampanye IMR kepada semua pihak terutama Pj Bupati Kapuas yang sudah menginstruksikan untuk memsukseskan kampanye imunisasi measles rubella.[angga]


TAG