Hutan dan Lahan di Desa Tanjung Taruna Terbakar

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Desa Tanjung Taruna, Kecamatan Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau, Jumat (31/8/2018) malam dikabarkan telah terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Terpantau titik api (Hotspot) mulai diketahui sekitar pukul 17.30 WIB setelah dilakukan pengecekan oleh Tim Masyarakat Peduli Api (MPA) desa setempat. Setelah itu, pihaknya langsung melaporkan ke posko induk pada pukul 18.00 WIB.

"Melihat adanya titik api, sekitar pukul 19.00 WIB. MPA Desa Taruna langsung mempersiapkan diri berangkat kelokasi untuk pembuatan sumur bor antisipasi api melebar," ucap Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Pulpis, Tekson, Jumat (31/8/2018) kepada media ini dengan singkat.

Dikabarkan pula, sampai pada pukul 23.20 WIB api masih belum dapat dipadamkan. Namun, api tidak melebar ke area lainnya, berkat kerjasama seluruh personil poslap dan posko induk serta tim posterpadu dan juga MPA Tanjung Taruna yang dikerahkan untuk melakukan pemadaman.

"Akan terus kita pantau titik-titik hotspot ini. Kita juga akan terus memberikan informasi terkait bencana di Kabupaten  Pulang Pisau dan sekitarnya," kata Tekson.

Tekson juga mengatakan, selamat bertugas kepada rekan-rekan di lapangan semoga selalu dilindungi dan selamat dalam bekerja. "Salam tangguh," tukasnya.[manan]


TAG