Hanya 15 Parpol Siap Ikuti Pileg Barsel 2019

Print Friendly and PDF


BUNTOK - Dari 16 Partai Politik yang terdaftar secara Nasional, hanya ada 15 Parpol yang siap mengikuti pelaksanaan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) serentak tahun 2019.

Tepat Pukul 00.00 WIB, Selasa malam (31/7/2018), perbaikan kelengkapan berkas persyaratan pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) peserta Pileg 2019 resmi ditutup oleh KPUD, dari 16 Parpol Nasional yang terdaftar sebagai peserta hanya ada 15 Parpol saja yang ada di Barsel, siap mengikuti pemilihan anggota parlemen secara serentak tahun depan.

Hal ini, dijelaskan oleh anggota KPUD Barsel, Rosalina, disebabkan salah satu Parpol, yakni DPC Partai Bulan Bintang (PBB) Barsel, sejak dibukanya pendaftaran Bacaleg pemilu 2019 pada 4 - 17 Juli 2018 lalu, Parpol berlambang bulan dan bintang tersebut tidak juga mengajukan berkas persyaratan.

"Sejak awal, mereka (PBB) memang tidak ada mengajukan berkas apapun kepada kami, terkait dengan pendaftaran Bacaleg Pileg 2019," beber Rosalina, ketika disambangi KabarKalteng di Kantornya, Rabu (1/8/2018).

Sementara itu, dipastikan oleh Rosalina, bahwa 15 Parpol yang sudah mengajukan berkas persyaratan Bacaleg mereka, telah dipastikan sudah melengkapi semua berkas mereka di masa perbaikan yang dimulai pada tanggal 22 Juli 2018 dan berakhir Rabu malam  tadi.

"Tadi malam, beberapa Parpol terakhir sudah melengkapi berkas pendaftaran Bacaleg, apakah memenuhi syarat atau tidaknya, nanti saja tunggu hasil verifikasi yang akan kita umumkan pada tanggal 7 Agustus 2018," tukasnya.

Untuk diketahui, inilah kelima belas Parpol yang sudah melengkapi berkas pendaftaran Bacaleg di KPUD Barsel, PDIP, Golkar, Gerindra, PKB, Garuda, Hanura, PSI, PPP, PAN, Berkarya, NasDem, Demokrat, PKPI, PKS dan terakhir Perindo.[tampetu]


TAG