Gebyar Kemerdekaan Ke-73, RT 26 Lanjas Gelar Berbagai Lomba

Print Friendly and PDF


MUARA TEWEH - Semarak perjuangan dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 bergema di seluruh Nusantara. Tak terkecuali aura kemerdekaan itu juga bergelora di tengah-tengah warga RT 26 Kelurahan Lanjas, Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara (Barut), Provinsi Kalimantan Tengah.

Segenap pengurus menyambut pekik kemerdekaan ini dengan penuh arti dan makna yang mencerminkan gelora perjuangan dengan semangat kemerdekaan yang membara.

Untuk merealisasikan makna perjuangan tersebut, pengurus RT 26 Kelurahan Lanjas menggelar rapat pembentukan panitia pada Rabu, 1 Agustus 2018 di pos kamling RT 26. Rapat menetapkan tema kegiatan berupa gebyar Kemerdekaan 17 Agustus 2018.

Lomba yang bakal digelar antara lain, tingkat anak-anak berupa memecah balon berisi tepung dengan kepala menggunakan topi yang diberi jarum. Kemudian mengigit uang dengan mulut yang ditancapkan pada buah pepaya yang diolesi dengan coklat, lari karung perorangan, memasukkan paku pada botol yang diikat dibelakang pinggul.

Selanjutnya, berjalan/lari berdua dengan membawa balon yang ditempel diperut serta lomba tingkat dewasa yang antara lain domino, minut dot yang diisi air teh dengan tangan terikat kebelakang, makan kerupuk yang digantung dengan tali diikat dikaki, membawa bola berpasangan suami istri yang diikat dipinggan dan melempar bola (bowling) dengan cara membungkuk membelakangi.

Ketua panitia, Dedy mengatakan, kegiatan ini digelar dalam rangka menyemarakan pekik kemerdekaan di lingkungan RT 26 Kelurahan Lanjas yang terimplementasi dalam berbagai kegiatan lomba, baik untuk anak-anak maupun untuk dewasa yang ke semuanya merupakan bentuk nyata bahwa sebagai warga negara Indonesia berjuang walaupun bentuk perjuangan yang dilakukan dalam wujud yang telah disesuaikan dalam jaman dan masa.

Ketua RT 26, Sukardjo menyatakan, kegiatan ini merupakan wujud peduli warga masyarakat akan arti dan makna kemerdekaan dengan bahu membahu dalam suatu kebersamaan bersatu dalam suatu permainan yang digelar oleh panitia yang kesemuanya merupakan kekompakan dan kebersamaan warga RT 26 yang selalu terpelihara dan terjaga.

Di tempat terpisah, Lurah Lanjas Tri Jatiningsih S.STP yang merupakan alumni Jatinangor ini menyambut baik dengan diadakan kegiatan seperti ini.


"Saya berterimakasih kepada seluruh pengurus dan warga masyarakat RT 26 Kelurahan Lanjas yang telah turut serta menyemarakkan gebyar Kemerdekaan 17 Agustus 2018 dengan tetap kokoh menjunjung tinggi nilai-nilai perjuangan walau di tengah-tengah arus globalisasi yang sangat kuat mempengaruhi tata kehidupan generasi muda bangsa maupun lingkungan keluarga namun warga masyarakat RT 26 tetap mengemban dan melestarikan nilai-nilai perjuangan dalam suatu komunikasi yang terjaga dan terpelihara diantara para warga yang ada dilingkungan RT 26," paparnya, Kamis (2/8/2018).

Dilanjutkanya, kegiatan seperti ini tumbuh subur di lingkungan masyarakat sebagai manivestasi perekat kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Dalam kegiatan yang digelar oleh warga RT 26 Kelurahan Lanjas ini semua biaya dan akomodasi kepanitiaan ditanggung oleh sponsor tunggal RM Asyfa," tukasnya.[doni]



TAG