• Latest News

    Sabtu, 18 Agustus 2018

    Dibuka Wagub Said, Karnaval PBP Dipadati Ribuan Warga Kalteng


    PALANGKA RAYA - Ribuan warga tumpah ruah di beberapa titik jalan Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng), Sabtu (18/8/2018). Orang tua, muda hingga anak kecil tampak bersuka cita menyaksikan Pawai Budaya Pembangunan (PBP) yang digelar untuk memperingati HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

    Acara yang dimulai sejak siang hingga petang ini, diikuti oleh ribuan peserta, mulai dari rombongan Pemerintah Provinsi Kalteng, Pemerintah Kota Palangka Raya, SMA, instansi swasta, dan warga di wilayah Kota Cantik dan sekitarnya. 

    Mereka menampilkan berbagai macam kreasi, mulai dari kesenian, budaya, serta sosok pejuang Kemerdekaan.

    Ada yang berjalan kaki, mengendarai sepeda hias, sampai menumpang kereta kelinci. Perayaan kemerdekaan semacam ini memang selalu dinanti-nanti oleh masyarakat sekitar dan pendatang.

    Menjelang siang sebelum acara dimulai, ribuan orang terus berdatangan memadati lokasi yang dijadikan rute perlintasan para peserta karnaval pembangunan budaya. Di tengah hiruk-pikuk itu, Satuan Lantas Polres Palangka Raya terlihat berjaga-jaga menutup beberapa akses jalan yang ada di Kota Palangka Raya.

    Tontonan ini menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat. Mereka tersenyum, tertawa dan berkerumun di pinggir jalanan yang menjadi rute peserta pawai karnaval.


    Wakil Gubernur Provinsi Kalteng, Habib Said Ismail yang membacakan sambutan Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran menyampaikan, untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI, Pemprov Kalteng rutin menggelar pawai karnaval setiap tahunnya.

    Penyelenggaraan pagelaran PBP ini merupakan event yang memberikan motivasi kepada pelaku seni tari dan musik dalam upaya melestarikan seni. Juga kebudayan Kalimantan dengan baik, mengingat upaya-upaya pengembangan kebudayaan bukan hanya tugas pemeritah, namun juga merupakan tugas bersama.

    "Pagelaran PBP adalah merupakan salah satu usur dalam rangka pengembangan ketahanan budaya untuk mencapai kesatuan dan persatuan bangsang," ucap Wagub Said.  

    Orang nomor dua di Bumi Tambun Bungai ini berharap kegiatan PBP untuk masa yang akan datang dapat dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya.

    "Demi memperkokohkan persatuan dan kesatuan sebagai anak bangsa dalam bingkai negara kesatuan RI," tutup pria murah seyum ini.

    Hari ini diikuti para mahasiswa, pelajar SMA, SMP, SD, PAUD, Instansi Pemeritahaan dan masyarakt umum. Juga diikuti kelompok peserta dengan jumlah  ribuan orang. Karnaval Ini telah menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat.

    "Harapan kami semua orang bisa menghargai jasa para pahlawan," imbuhnya.


    Salah seorang warga, Navilla Gohong (30), mengaku senang menyaksikan hiburan pawai karnaval.

    "Saya bersama teman-teman selalu menyempatkan diri untuk menonton PBP," ucap wanita kelahiran Kota Palangka Raya ini.[deni]




    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Dibuka Wagub Said, Karnaval PBP Dipadati Ribuan Warga Kalteng Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top