Datangi Makam Pahlawan, Kajari Pimpin Apel Kehormatan Malam Renungan Suci

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Setelah siang harinya mendengarkan pidato kenegaraan Presiden melalui layar pada Rapat Purna DPRD, Kamis (16/8/2018), selanjunya pada tengah malam saat pergantian hari, digelar Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Makam Pahlawan HM Sanusi, Kelurahan Bereng, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau, Rabu (17/8/2018) tepat pukul 00.00 WIB.

Bertindak selaku inspektur upacara pada malam renungan tersebut, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pulang Pisau, Triono Rahyudi, SH, MH.

Apel kehormatan dan renungan suci di taman Makam Pahlawan HM Sanusi itu berjalan dengan khidmat dan khusyuk. Di mana upacara tersebut dimaksudkan untuk memberikan penghormatan kepada para Pahlawan yang telah gugur dalam rangka memperjuangkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Apel kehormatan dan renungan suci ini merupakan proses dengar pidato kenegaraan (presiden) di gedung rapat DPRD setempat. Ini juga merupakan rangkaian memperingati HUR ke-73 RI. Jadi, semua kita yang hadir di Makam Pahlawan HM Sanusi ini untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk membela bangsa dan negara,” ucap Kajari pada kesempatan itu. 

Selanjutnya, Kajari pada kesemparan itu juga berpesan kepada para generasi muda di Pulang Pisau yang merupakan penerus bangsa agar dapat memaknai nilai history atau sejarah dimana dulunya para pahlawan rela mati-matian membela negara ini hanya demi melihat anak bangsa terlepas dari belenggu penjajah.

Dari itu, lanjut Triono, kiranya untuk membalas jasa para pahlawan, sudah semestinya para generasi muda harus menjaga dan memperhatikan nilai-nilai moral, sehingga jangan sampai kebablasan di era serba modern ini.

"Generasi muda sebagai tongkat estafet kepemimpinan selanjutnya, dari itu pemuda/pemudi khususnya di Pulpis ini dapat mengisi dirinya dengan bekal ilmu sesuai dengan bidangnya masing-masing guna mendorong pembangunan daerah, bangsa dan negara," tutur Kajari dalam pesannya.

Sementara dari pantauan media ini, acara berlangsung kurang lebih 1 jam dan sekitar 15 menit tanpa nyala lampu listrik dan hanya digantikan dengan nyala obor.

Terasa suasana renungan benar-benar hening. Nampak khusuknya para peserta dalam menghayati malam renungan suci ini sembari menundukkan kepala seraya berdoa diheningnya malam.

Hadir pada apel kehormatan dan renungan suci, Pj Bupati Pulpis, Jajaran Forkopimda, para pejabat OPD daerah, Satpol PP, Pramuka, dan tamu undangan lainnya.[manan]


TAG