• Latest News

    Kamis, 16 Agustus 2018

    Ciptakan Metode Pembelajaran Kreatif, Dua Wakil Madrasah Kapuas Raih Anugerah GTP Berprestasi


    KUALA KAPUAS - Dua peserta dari Madrasah Kabupaten Kapuas, berhasil meraih juara pertama dalam ajang Anugerah Guru dan Tenaga Pendidikan (GTP) berprestasi tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.

    GTP merupakan sebuah event berjenjang Kementerian Agama. Prestasi itu didapat berkat kreatifitas mereka yang mempu berinovasi menciptakan metode pembelajaran kreatif dalam dunia pendidikan, khususnya pada madrasah,

    "Dalam ajang itu kita mempresentasikan  tema sistem evaluasi berbasis android," kata Sriyadi M.Pd, Wakil Kapuas yang berhasil menjadi juara satu untuk kategori kepala Madrasah kepada media ini, Jumat (17/8/2018).

    Menurutnya, selain penilaian portofolio karya inovasinya yaitu evaluasi berbasis android yang dipaparkannya menjadi poin dalam penilaian hingga mampu meraih juara satu. Kreasi itu sebelumnya telah sukses diterapkan pada sekolah yang dia pimpin.

    "Semester dua kami terapkan ulangan yang berbasis android, itu yang pertama dan hasilnya  bagus," terang Kepala MAN Kapuas itu.

    Sementara itu, Pahriati S.PdI, juara satu untuk kategori guru, pada ajang tersebut memaparkan karya tulisnya tentang media pembelajaran dengan boneka tangan (hand puppet) dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

    "Selama ini pembelajaran terfokus pada guru, monoton, tidak menarik dan kurang menantang bagi siswa," kata Pahriati.

    Dari itu, sambungnya, terpikirkan ide bagaimana agar guru itu mampu menarik minat siswa untuk belajar. Dirinyavpun melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sampel siswa kelas VI sebanyak 20 siswa.

    "Penelitian selama tiga bulan, dengan menggunakan tiga siklus, dan Alhamdulillah ternyata penggunaan media boneka tangan efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa," tutur guru MIN 1 Kapuas, yang kerap mendongeng pada anak didik untuk meningkatkan minat baca.

    "Semua itu berawal dari kecintaan pada dunia anak," imbuhnya.

    Baik Fahriati maupun Sriadi, keduanya akan menjadi wakil Kalteng pada Anugrah GTP berprestasi tingkat nasional di Jakarta pada Oktobrer 2018 mendatang.

    "Kami berharap bisa masuk grand final di tingkat nasional, dan membawa harum nama madrasah juga daerah," pungkas Sriyadi.[zulkifli]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Ciptakan Metode Pembelajaran Kreatif, Dua Wakil Madrasah Kapuas Raih Anugerah GTP Berprestasi Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top