Bupati Eddy Buka Festival Tandak Intan Kaharingan

Print Friendly and PDF


BUNTOK - Festival Tandak Intan Hindu Kaharingan tingkat Kabupaten Barito Selatan (Barsel) dibuka secara resmi oleh Bupati Barito Selatan H Eddy Raya Samsuri di Balai Basarah Buntok, Senin (6/8/201).

Pembukaan acara tersebut ditandai dengan pelabuhan gong dan disaksikan Wakil Bupati Barito Selatan, Satya Titiek Atyani Djoedir dan sejumlah unsur pimpinan daerah serta para peserta Festival Tandak Intan.

Bupati Eddy Raya dalam mengaku sangat menyambut baik atas penyelenggaraan festival tersebut. Karena hal ini bukan semata-mata pesta paduan suara umat Hindu Kaharingan, tapi acara tersebut adalah momentum untuk menegaskan kembali seruan bersama kepada seluruh anak bangsa agar hidup ini harus berbuah laksana sebatang pohon yang berbuah dan berbiji.

"Artinya hidup kita harus bisa bermanfaat bagi orang lain dan memiliki komitmen serta kesadaran religius untuk selalu ingat jati diri kita sebagai bangsa yang Berbhineka Tunggal Ika," ujarnya.

Eddy melanjutkan, dengan kesadaran itu kita akan selalu ingat bahwa kita adalah bersaudara, kita lahir dari rahim ibu pertiwi bangsa Indonesia dan kita harus menjaga keutuhan persatuan bangsa ini.

Kepada seluruh peserta Fertival Tandak Intan dari sejumlah kecamatan di Barsel, Bupati mengingatkan, untuk bertanding secara profesional yang menjunjung tinggi sportivitas yang mengacu pada aturan lomba untuk menjadi yang terbaik dalam melantunkan lagu puji  pujian terhadap Sang Pencipta.

"Selamat berlomba, sukseskan pelaksana Festival Tandak Intan Kaharingan 2018 tingkat Kabupaten Barsel," ucap Eddy.

Sementara itu, Ketua Panita Pelaksana, Samsulni S Tangun mengatakan, pelaksanaannya hanya satu hari yang diikuti oleh 10 orang peserta.

"Pelaksanaan di tingkat kabupaten ini untuk menyeleksi peserta dari sejumlah kecamatan agar bisa mewakili Barsel pada Festival Tandak Intan tingkat Provinsi Kalteng yang akan digelar pada bulan September tahun ini di kabupaten Barito Timur," tukasnya.[kenedy]


TAG