Bendera Merah Putih Sepanjang 600 Meter Dibentangkan di DAS Kahayan

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Rangkaian peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-73 Republik Indonesia (RI) di Kabupaten Pulang Pisau hari ini, Senin (13/8/2018) yang digelar Polres Pulang Pisau berlangsung meriah dan semarak.

Kemeriahan tersebut terlihat saat digelar pembentangan bendera Merah Putih sepanjang 600 meter di Desa Mintin, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau, tepatnya di Daerah Aliran Sungai (DAS) Kahayan pada pukul 09.00 WIB sampai pada Pukul 10.30 WIB.

Kapolres Pulang Pisau, AKBP Dedy Sumarsono, melalui Waka Polres, Kompol Endro Aribowo mengatakan, kegiatan pembentangan bendera Merah Putih sepanjang 600 meter di DAS Kahayan ini dalam rangkaian peringatan HUT RI ke 73, di mana kegiatan tersebut dilaksanakan di sungai besar oleh 14 Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah (Kalteng).


"Hari ini sesuai arahan Kapolda Kalteng, seluruh jajarannya menggelar pembentangan Bendera Merah Putih di seluruh sungai besar yang ada di 14 Kabupaten/Kota se Kalteng oleh jajaran Polres termasuk juga Polda," ucap Perwira melati satu dipundaknya itu kepada sejumlah awak media, Senin (13/8/2018) di lokasi kegiatan.

Endro juga menyampaikan, selain dalam rangka memperingati HUT RI. Giat pembentangan bendera Merah Putih ini, guna memecahkan Museum Rekor-Dunia Indonesia atau MURI (dahulu Museum Rekor Indonesia).

"Ya, pembentangan Bendera Merah Putih ini untuk memecahkan rekor MURI untuk Kalteng yang leading sektornya Polda Kalteng," katanya.

Sedikit, tambah Endro, pembentangan bendera Merah Putih di sungai-sungai besar di wilayah Kalimantan Tengah ini dengan filosofi, yakni terus memupuk rasa persatuan dan kesatuan diantara sesama anak bangsa yang terdiri bangga bermacam suku, adat, warna kulit, bahasa dan agama.

"Kita sebagai warga NKRI harus bangga dipersatukan oleh 'Merah Putih' yang tidak dapat dicerai beraikan oleh siapapun. Tetap mempertahankan rasa persatuan dan kesatuan, dan tetap kobarkan jiwa patriot dan nasional kita," ungkap Endro mengakhiri sembari melanjutkan rangkaian giat lainnya pada tempat yang sama.

Sementara dari pantauan media ini, usai pembentangan bendera Merah Putih di DAS Kahayan, pihaknya melanjutkan rangkaian giat lainnya, yakni dengan mengunjungi Kampung Merah Putih yang juga dipusatkan di Desa Mintin.

Hadir pada rangkaian giat tersebut, Pabung Dandim 1011/klk beserta jajaranya, sejumlah Kepala OPD lingkup Pemkab Pulpis, tokoh lintas agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, pelajar dan warga Kabupaten Pulang Pisau lainnya yang ikut menyaksikan acara tersebut.[manan]


TAG