Bansau Kayu di Lahan Gambut, Ludes Terbakar

Print Friendly and PDF


BUNTOK - Satu buah bangunan pabrik pengolahan kayu (Bansau), milik Haji Tiar, yang berada di Desa Pararapak, Kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan, ludes terbakar, Senin (13/8/2018) dinihari.

Kejadian kebakaran Bansau yang terletak di lahan gambut tersebut, sekitar pukul 2.45 dini hari tersebut, sontak membuat panik para karyawannya yang tengah terlelap.

Berdasarkan dari keterangan salah satu warga desa Pararapak, yang enggan namanya dipublikasikan, mengatakan bahwa sampai saat ini belum ada upaya pemadaman baik oleh para karyawan yang tinggal di lokasi pabrik pengolahan kayu mentah menjadi bahan bangunan yang terletak di Jalan Raya - Pendang tersebut, maupun oleh warga setempat.

"Belum ada yang memadamkan mas, karena kondisi api sangat besar," tukasnya.

Dilanjutkan oleh, Aki (36) warga desa Pararapak, kondisi dimana baik bangunan Bansau dan juga mess karyawan terbuat dari kayu, ditambah dengan banyaknya serbuk kayu bekas gergaji yang telah kering, membuat api menjalar dengan cepat.

"Semua bangunan terbuat dari kayu, ditambah banyak serbuk gergaji, membuat api cepat menjalar," timpalnya.

Dikhawatirkan kebakaran yang terjadi tersebut, apabila tidak segera ditangani, akan menyebar menjadi kebakaran hutan, karena kondisi wilayah tempat bangunan tersebut adalah lahan gambut.

"Di wilayah kebakaran itu, kan tanahnya gambut, takut menjalar jadi kebakaran hutan nanti," ucap Aki khawatir.

Hingga berita ini diturunkan, belum bisa dipastikan berapa banyak bangunan yang ikut terbakar dan apakah memakan korban jiwa atau tidak.[tampetu]



TAG