Bakar Lahan, M Diamankan Polsek Dusun Hilir

Print Friendly and PDF


BUNTOK - Seorang terduga pelaku pembakar lahan berinisial M (52) warga Desa Mahajandau diringkus pihak Kepolisian Sektor Dusun Hilir, Barito Selatan (Barsel).

Terduga M membakar lahan terbuka di Jalan penghubung antara Kelurahan Mengkatip dengan Desa Mahajandau, Kecamatan Dusun Hilir, Sabtu, (25/8/2018) Sekira Jam 10.00 WIB.

Kapolres Barsel AKBP Eka Syarif Nugraha Husen melalui Kapolsek Dusun Hilir Ipda Waryoto SH memberikan keterangan, saat anggota Polsek Dusun Hilir melakukan kegiatan patroli ke jalan penghubung antara Mangkatip dengan Desa  Mahajandau menemukan seorang laki-laki yang  sedang membuka lahan dengan cara membakar dengan luas sekitar lima meter persegi yang menurut keterangan pelaku lahan tersebut akan digunakan sebagai ladang persawahan.

"Kemudian tim Patroli melakukan pemadaman api supaya tidak meluas, selanjutnya pelaku dan barang bukti di amankan ke Polsek Dusun Hilir guna proses lebih lanjut," terang Waryono kepada awak media ini, Senin (27/8/2018).

Dilanjutkan Waryoto, barang bukti yang berhasil diamankan dari terduga di antaranya tiga buah potongan kayu bekas pembakaran dengan panjang sekitar satu meter, satu) kotak korek api pentol (batang), dan satu buah parang beserta kumpang dengan lanjang sekitar 54 sentimeter.

"Untuk terduga ini kita bidik dengan pasal 25 ayat (1) jo Pasal 2 ayat (1) Peraturan Daerah Propinsi Kalimantan Tengah Nomor 5 Tahun 2003 tentang Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan," tandasnya.[ali]


TAG