320 Peserta Ramaikan Pawai Takbir Idul Adha

Print Friendly and PDF


PELEASAN – Pj Bupati Kapuas Agus Pramono melepas  320 Peserta Pawai Gema Takbir Hari Raya Idul Adha 1439 H di depan Rujab Bupati Kapuas, Selasa (21/8/2018) malam ditandai dengan pengibaran Bendera PHBI Kabupaten Kapuas.

KUALA KAPUAS – Walaupun diguyur hujan, pelepasan Pawai Gema Takbir Idul Adha tetap semarak dan berjalan dengan lancar. Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Agus Pramono S.Sos melepas peserta Pawai Takbir Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriah di depan Rumah Jabatan Bupati Kapuas, Selasa (21/8/2018) malam.

Sebanyak 320 peserta mengikuti pawai tersebut terdiri dari SOPD lingkup Pemkab Kapuas, Remaja Masjid/Langgar, Relawan Balakar, Organisasi Kemasyarakatan dan Sekolah SMP/SMA/ Peguruan Tinggi Negeri.

Pelepasan pawai takbir baik pejalan kaki dan mobil hias ditandai dengan pengibaran bendera Start PHBI Kabupaten Kapuas. Tampak hadir, perwakilan dari Forkopimda Kabupaten Kapuas, Kepala SOPD Lingkup Pemkab Kapuas, Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Kapuas H M Nafiah Ibnoor MM, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat. Tokoh Pemuda dan Ketua Panitia Penyelenggara Tomy Saputra beserta anggota.

Pj Bupati Kapuas dalam sambutannya mengatakan merayakan Hari Raya Idul Adha atau yang lebih dikenal Hari Raya Qurban/Haji bermakna manusia mencoba untuk mendekatkan diri kepada Allah untuk menggapai Ridha dan menyempurnakan ketaqwaan melalui penyembelihan hewan qurban.

Agus Pramono mengungkapkan, ada 3 hikmah besar yang dapat diambil yaitu tentang kecintaan bahwa seberapa besar kecintaan terhadap duniawi maka harus disadari bahwa kecintaan kepada Allah SWT harus lebih diutamakan dari pada kecintaan kepada yang lain.

“Tentang Qurban yang menyatakan bahwa tidak ada kecintaan tanpa pengorbanan. Hal tersebut dapat digambarkan dengan seorang mukmin yang mencintai Allah SWT akan senantiasa mendekatkan diri kepadanya meskipun ia harus mengorbankan seperti apa yang Nabi Ibrahim AS lakukan sehingga semakin besar yang kita korbankan maka semakin besar pula ganjaran yang diperoleh,” tuturnya.

Kemudian, lebih lanjut, hikmah berikutnya tentang pendidikan yang berimbang antara intelektual dan spiritual. Dengan adanya pendidikan yang berimbang antara pendidikan agama dan pendidikan duniawi maka komunikasi antara orang tua dan anak akan terjalin dengan baik dan santun

Penyelenggaraan Pawai Gema Takbir Idul Adha 1439 H merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh PHBI Kabupaten Kapuas sebagai bentuk kegembiraan dan rasa syukur kepada Allah SWT, menyemarakan malam Idul Adha serta meningkatkan silahturahim dan Ukuwah Islamiyah sesama kaum Muslimin.

“Saya atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas mengharapkan kepada seluruh peserta Pawai Gema Takbir hendaknya mengikuti kegiatan ini secara tertib sehingga pelaksanaannya dapat berjalan dengan aman dan lancar,” imbuhnya.[angga]


TAG