Wakili Kalteng, Tunas Muda Desa Mantaren II Diapresiasi Bupati

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Bupati Kabupaten Pulang Pisau, H Edy Pratowo memberikan apresiasi kepada Karang Taruna Tunas Muda Desa Mentaren II, Kecamatan Kahayan Hilir yang berhasil meraih juara pertama pada lomba Karang Taruna tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Tahun 2018.

Torehan juara pertama oleh Karang Taruna Tunas Muda Desa Mantaren II ini, tentunya membawa pihaknya untuk mewakili Kalimantan Tengah pada lomba Karang Taruna di tingkat nasional yang digelar di Jakarta pada Agustus mendatang.

“Dengan prestasi yang diraih ini, tentunya pemerintah terus mendukung keberadaan Karang Taruna sebagai wujud nyata ikut bersama dalam membangun bangsa, negara dan daerah setempat,” kata Edy Pratowo kepada sejumlah awak media, Senin (9/7/2018).

Dalam audensi dengan Pengurus Karang Taruna di ruang rapat Bupati Pulang Pisau ini, Edy Pratowo yang juga selaku pembina meminta kepada Karang Taruna Tunas Muda Desa Mentaren II yang terpilih mewakili Kalteng di lomba tingkat nasional untuk mempersiapkan bahan dan materi yang dibutuhkan untuk mengikuti lomba tersebut.

Menurut Edy Pratowo, keberhasilan salah satu Karang Taruna di daerah setempat diharapkan bisa memacu berkembangnya Karang Taruna di desa lainnya.

Dirinya juga meminta kepada pihak pemerintah dari tingkat kecamatan dan desa untuk dapat memberdayakan warga Karang Taruna sebagai bagian atau wadah bagi generasi muda untuk terus berkarya.

"Kita harapkan Karang Taruna mulai tingkat kecamatan sampai desa harus aktif dalam pemberdayaan para pemuda di wilayah masing-masing," ucapnya.

Edy juga meminta kepada Karang Taruna yang telah terbentuk untuk selalu berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat di berbagai tingkatan, agar dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan bisa sinergis dan sejalan untuk bersama-sama membangun desa dan Kabupaten Pulang Pisau secara keseluruhan.

Selain itu, harapnya warga Karang Taruna bisa memberikan wujud nyata bagi masyarakat di sekitarnya.

"Manfaatkan potensi masyarakat setempat, agar potenai yang ada dapat dimanfaatkan dengan baik dan maksimal," tukasnya.

Sementara pada kesempatan yang sama dikatakan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pulang Pisau, Satria During yang juga selaku Pembina Teknis mengungkapkan keberhasilan yang dicapai ini sebagai bentuk keberhasilan pembinaan yang dilakukan oleh para pengurus dan anggotanya.

Meski masih banyak kendala yang dihadapi dalam mendorong aktivasi Karang Taruna di desa-desa. Namun lanjurnya kita yakin Karang Taruna di Pulang Pisau ini akan terus berkembang.

Karang Taruna, menurut Satria During, adalah sebuah organisasi yang memiliki potensi besar yang mengakar hingga ke desa-desa.

"Karang Taruna Tunas Muda Desa Mentaren II ini sebelum mengikuti lomba di tingkat nasional telah berhasil menjadi juara lomba Karang Taruna tingkat Provinsi Kalteng yang dilaksanakan pada bulan Mei lalu," katanya.

Pada kesempatan audensi dihadiri Ketua Karang Taruna Kabupaten Pulang Pisau, Adi Waskito dan Sekretaris Riduansyah, Ketua Karang Taruna Tunas Muda Desa Mentaren II, Fatkur Roji bersama pengurus.

Selain audensi, Fatkur Roji juga pada kesempatan itu menyerahkan cinderamata berupa baju kaos dari hasil kreativitas sablon warga Karang Taruna setempat kepada Bupati Pulang Pisau.[manan]


TAG