• Latest News

    Selasa, 03 Juli 2018

    Tak Lama Lagi Kantor Pengadilan Negeri Berdiri di Pulpis


    PULANG PISAU - Ketua Pengadilan Negeri Palangka Raya, H Syahrial Sidik melakukan peninjauan persiapan Pengadilan Negeri Pulang Pisau kelas II bertempat di eks DPRD Pulpis, Selasa (3/7/2018).

    "Hari ini kita telah melakukan peninjauan untuk persiapan kantorcPengadilan Negeri dan pengadilan agama di Kabupaten Pulang Pisau ini," ucapnya kepada awak media.

    Ia mengatakan, persiapan pembangunan kantor Pengadilan Negeri kelas II di Kabupaten Pulang Pisau ini bukan merupakan wacana lagi, namun sesuai dengan Kepres No 14 tahun 2016, bahwa di Wilayah Kabupaten Pulang Pisau harus ada Pengadilan.

    "Kita sudah menunda pembangunan/peresmian/berdirinya Pengadilan Negeri di Pulpis ini selama 2 tahun," ungkap orang nomor satu di pengadilan tinggi Kalimantan Tengah (Kalteng) ini.

    Menurutnya, karena sudah ada Perpresnya semenjak tahun 2016 lalu, maka tidak bisa lagi ditunda. Karena salah satu pilar dalam ketatanegaraan yaitu adanya pilar yudikatif dalam hal ini adanya Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama tentunya.

    "Saya akan melaporkan hal ini kepada pimpinan Mahkamah Agung, bahwa Pulpis sudah dapat didirikan Pengadilan, walupun sistem dan keadaannya masih sesederhana ini. Masalah anggaran pembangunan nantinya akan dikucurkan  setelah adanya peresmian," terangnya.

    Dirinya dalam hal ini sangat berterimakasih kepada Bupati, Kajari dan Kapolres yang telah membantu dan dukungannya atas rencana peresmian pengadilan negeri Pulang Pisau, meski sementara ada di bekas gedung DPRD kabupaten setempat.

    "Kita juga sangat berterimakasih kepada pemerintah kabupaten yang telah memberikan tanah untuk pembangunan pengadilan negeri seluas 13.000 meter persegi di samping Polres Pulpis. Dan rencananya kalau sudah diresmikan maka akan dibangun pada tahun depan oleh Mahkamah Agung, dan tentunya ataa dukungan pemerintah setempat, Kejaksaan dan Kepolisian setempat," tuturnya.

    Pihaknya berharap dengan berdirinya Pengadilan Negeri ini, maka lengkaplah sistem pemerintahan Kabupaten Pulang Pisau, dan juga memberikan nilai tambah  bangunan wilayah serta pengembangan ekonomi wilayah. Untuk peresmian rencananya Agustus 2018 ini, namun kita masih menunggu surat keputusan dari Ketua Mahkamah Agung.

    "Untuk personel masih kita susun, dan sementara kita masih ada 5 orang personel pinjaman. Dan untuk tahun ini sedikitnya sebanyak 30 peresmian yang akan dilaksanakan seluruh Indonesia," tukasnya.[manan]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Tak Lama Lagi Kantor Pengadilan Negeri Berdiri di Pulpis Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top