Syaripul Buka Pelatihan Kapasitas Anggota BPD di Jabiren Raya

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Pulang Pisau, Syariful Pasaribu membuka secara resmi pelatihan pengangkatan lembaga Badan Permusyawaratan Desa (BPD) tingkat Kabupaten Pulang Pisau yang berlangsung Kecamatan Jabiran Raya, Pulang Pisau, Rabu (25/7/2018).

"Hari ini kita membuka pelatihan kapasitas BPD tingkat Kabupaten yang diikuti oleh seluruh anggota BPD setempat. Turut Hadir pada pelatihan itu, Camat Jabiren, tenaga ahli pemberdayaan masyrakat desa, pendamping desa dan Kapolsek Jabir," ujar Syariful kepada awak media, Rabu (25/7/2018).

Ia mengatakan, pelatihan ini kali pertamanya diselenggarakan untuk sosialisasikan bagi ketua dan anggota BPD se-Kecamatan Jabiren Raya. Adapun tujuan dari pelatihan ini guna memberikan pemahaman kepada pengurus dan anggota BPD setempat agar dapat memahami tugas dan fungsinya.

"Karena kita anggap selama ini pihak BPD dimaksud masih kurang memahami tugas dan fungsi yang mereka jalankan saat ini. Makanya diberikan pelatihan dan sosialisasi tentang penguatan kelembagaan kepada mereka," ungkapnya.

Syariful menjelaskan, bahwa berdasarkan Permendagri No.110 Tahun 2016 Badan Permusyawaratan Desa mempunyai fungsi, membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat Desa, dan melakukan pengawasan kinerja Kepala Desa.

Dari itu, lanjutnya, BPD adalah lembaga yang memiliki kekuatan dalam menyepakati peraturan desa yang bakal menjadi pedoman pelaksanaan pembangunan desa.

"Jadi kalau sudah paham tentang tugas dan fungsinya, kita harapkan dapat melaksanakannya dengan baik," pungkasnya.

Selain itu juga, BPD memiliki kekuatan untuk mengawasi proses pembangunan desa dalam seluruh aspek. "Dan banyak lagi tugas dan fungsi BPD, termasuk mengawasi proses yang berjalan pada BUMDes," tukasnya.

Syariful kembali berharap dengan adanya pelatihan ini, pihak BPD setempat dapat memahami tugas dan fungsinya sesuai tupoksinya.[manan]


TAG