SMD kembali Digelar di Desa Anjir Pulpis

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Kegiatan Survei Mawas Diri (SMD) oleh pihak Puskesmas Kahayan Hilir akan kembali berlangsung di Desa Anjir Pulang Pisau.

Hal tersebut disampaikan Pemegang Program Promkes PKM Pulang Pisau Yuliatin S.KM, pada acara lanjutan SMD yang bertempat di Aula Kantor Desa Anjir Pulang Pisau, Selasa (3/7/2018).

Menurutnya, SMD ini tentunya sangat penting dilaksanakan, agar masyarakat yang ada di tempat tersebut menjadi sadar akan adanya masalah kesehatan yang sedang dihadapi di lingkungan sekitar.

Dari itu, lanjutnya, masyarakat mampu mengenal, mengumpulkan data dan mengkaji masalah yang ada di lingkungan sendiri. Sehingga timbulnya minat dan kesadaran untuk mengetahui masalah-masalah kesehatan.

"Pentingnya pengenalan masalah ini, agar segera diatasi serta mampu menggali sumber daya yang ada atau yang dimiliki. Hasil SMD inilah nantinya akan menjadi dasar untuk menyusun pemecahan masalah yang kita hadapi bersama," imbuhnya.

Adapun tujuan dari pelaksanaan SMD ini, terangnya, ialah guna terlaksananya pengumpulan data, masalah kesehatan, lingkungan dan perilaku. Mengkaji dan menganalisis masalah kesehatan dan yang paling menonjol dimasyarakat.

Juga menginventarisir sumber daya masyarakat yang dapat mendukung upaya mengatasi masalah kesehatan dan diperolehnya dukungan dari kepala desa/kelurahan dan pemuka masyarakat dalam pelaksanaa pergerakan dan pemberdayaan masyarakat di desa. 

Sementara itu, Kepala Desa Anjir Pulang Pisau, Adekson mengatakan, pihaknya mengapresiasi dengan adanya pelaksanaan kegiatan SMD yang berlangsung di Desa Anjir Pulpis ini. Pihaknya akan terus mendukung dan mensupport pelaksanaa SMD di desanya ini.

"Pelaksanan SMD kali ini, kelanjutan dari survey SMD tahun 2017 lalu," ucap Adekson pada kesempatan itu.

Dari itu, dirinya meminta kepada seluruh masyarakat di desanya agar nantinya jangan sampai menolak petugas-petugas yang datang untuk melakukan pengecekan dari pihak Puskesmas.

"Dari 16 RT yang ada di Desa Anjir Pulpis ini, untuk tahun 2018 ada 9 RT yang akan kita SMD pada pertengahan Juli ini. Karena pada tahun sebelumnnya sudah ada 7 desa yang sudah di SMD," terangnya.[manan]


TAG