Siapkan Tenaga Kerja Terampil, Disnakertrans Pulpis Fokus Dirikan BLK

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) Farisco J Ibat mengungkapkan, saat ini pihaknya tengah fokus untuk mendirikan Balai Latihan Kerja (BLK).

Pendirian BLK ini bertujuan untuk mendidik para calon pekerja dalam mempersiapkan keterampilan dan keahlian di bidangnya.

"BLK merupakan wadah untuk mendidik calon tenaga kerja, dalam rangka mempersiapkan tenaga kerja yang terampil dan handal sehingga mampu bersaing di pasar kerja yang saat ini membutuhkan keahlian tertentu," ucap Farisco kepada Kabarkalteng via telepon selulernya, Minggu (22/7/2018).

Menurutnya, pemerintah daerah saat ini hanya bergerak melalui Disnakertrans untuk memberikan pelatihan seperti pada bidang menjahit dan Komputer. Hanya saja bantuan maupun pelatihan tersebut bukan mengarah kepada pelatihan yang bersifat teknis.

Dikatakan Farisco, saat ini tenaga teknis sangat banyak diperlukan oleh perusahaan-perusahaan yang berdiri di daerah setempat, sedangkan SDM yang ada Kabupaten Pulang Pisau yang ahli dan terampil dibidang tenaga teknis masih minim.

"Perusahan-perusahan sudah mulai banyak beroperasional di Pulpis. Tinggal SDMnya yang kita siapkan agar dapat bersaing dengan tenaga kerja asing," katanya.

Dari itu, tambahnya pemerintah setempat melalui Disnakertrans terus memberikan upaya keterampilan dengan harapan ke depannya mampu bersaing dan mendapatkan posisi yang baik di perusahan yang sudah menjamur di Bumi Handep Hapakat ini.

Bisa dikatakan SDM pencari kerja di Bumi Handep Hapakat masih belum mampu bersaing dan belum memiliki keterampilan sesuai yang dibutuhkan. Dari itu, Disnaketrans Pulpis terus berusaha dan berupaya untuk mempersiapkan pendirian BLK.

"Hasil output yang diharapkan adalah membina SDM yang terampil dan bisa bersaing dengan tenaga kerja dari luar daerah," tuturnya.[manan]


TAG