Retribusi IMB Sarang Walet segera Dipungut

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP) Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) terus mensosialisasikan aturan untuk memungut retribusi izin mendirikan bangunan (IMB) sarang burung walet.

Bahkan dikabarkan dalam waktu dekat Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau akan segera melakukan penarikan terhadap retribusi IMB Sarang burung walet tersebut.

Kepala BPMPTSP Pulang Pisau, Usis I Sangkai mengatakan, bahwa pihaknya sudah memprioritaskan wilayah terdekat terkait retribusi IMB sarang burung walet  telah dirampungkan dalam perhitungan tagihan retribusinya.

"Setelah turun dan melakukan inventarisasi, maka perhitungan harga akan disampaikan ke publik. Dan kita harapkan pengusaha sarang burung walet dapat membayar retribusi sarangnya," kata Usis saat ditemui awak media usai menghadiri acara Deklarasi ODF, Senin (23/7/2018).

Usis mengatakan, terkait inventarisasi lokasi sarang burung walet di Wilayah Kabupaten Pulang Pisau sudah dilakukan perhitungan dan saat ini BPMPTSP tinggal mencocokan tarif final jumlah retribusi yang akan dibayar. Dalam beberapa bulan ke depan tarif sarang burung walet sudah rampung, sehingga pihaknya sudah bisa memungut.

"Intinya untuk tarif retribusi ini sudah kita tentukan, dan akan segera kita lakukan penagihan kepemilik sarang walet," tukasnya.

Usis menambahkan, saat ini untuk wilaya terbesar bangunan sarang burung walet terdapat di Wilayah Kecamatan Kahayan Kuala (Bahaur) yakni ada sekitar 600 sarang walet, dan wilayah itu salah satu menjadi lokasi prioritas wajib IMB.

"Dengan banyaknya bangunan sarang burung walet ini kita harapkan bisa mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD). Berdasarkan data yang kita punya ada sekitar 900 lebih bangunan sarang burung wallet di Wilayah Kabupaten Pulang Pisau ini," ucapnya.

Usis menjelaskan, pungutan IMB ini  dilakukan merujuk pada Perda No 3 Tahun 2011 tentang Perizinan. Lalu perhitungan tarif disesuaikan jenis bahan bangunan, tinggi, lebar, dan tingkat bangunan sarang burung walet.

"Semakin tinggi bangunan maka tarifnya juga naik. Lalu lokasi bangunan sarang burung walet juga menentukan besar kecilnya tarif retribusi," tukas Usis kembali.[manan]


TAG