Puslabfor Mabes Polri Ambil Sampel Kebakaran Pasar Pendopo

Print Friendly and PDF


MUARA TEWEH - Tim Mabes Polri telah melakukan olah TKP kebakaran Pasar Pendopo, Rabu malam pekan lalu. Kebakaran sendiri telah melukuhlantakan seluruh banguan pasar terbesar di Kota Muara Teweh Kabupaten Barito Utara (Barut).

Kasat Reskrim Polres Barito Utara, AKP Syamsul Bahri, Selasa (31/7/2018) saat di TKP mengatakan, tim dari puslabfor Mabes Polri dari Surabaya kini sedang melakukan olah TKP.

Menurutnya, dari hasil olah TKP ada beberapa barang bukti yang diambil untuk dilakukan penelitian lebih lanjut dan hasil ini nantinya sebagai dasar untuk mengetahui terjadinya kebakaran. 

"Sampel yang diambil nantinya akan diuji forensik. Dari hasil nantinya kita dapat mengetahui penyebeb terjadinya kebakaran," kata Syamsul Bahri. 

Untuk sementara kata dia, kebakaran disebabkan terjadinya arus pendek dari sebuah kios sembako yang tidak jauh dari penjual ikan kering. Dari tempat mula api ini juga telah diambil barang bukti untuk diuji. 

Menurutnya, akibat dari kebakaran tersebut, berdasarkan data yang didapat sedikitnya ada 470 kios hangus terbakar. Namun tidak ada korban jiwa. Begitu juga dengan kerugian belum bisa disimpulkan,  namun bisa diperkirakan puluhan miliar. 

"Mengenai kerugian memang belum bisa kita simpulkan, tetapi bisa dipastikan puluhan miliar," katanya. 

Terkait dengan hasil olah TKP yang sudah dilaksanakan, pihaknya juga menunggu hasil. Namun hasilnya juga bisa memakan waktu hingga satu bulan bahkan lebih. 

Dalam olah TKP tersebut selain belasan anggota satreskrim polres Barut, juga kepala dinas perindustrian, perdagangan dan pengelolaan pasar Hajran noor, serta dinas PUPR.[doni/deni]


TAG