Puskesmas Jabiren Gelar Pencanangan Imunisasi Campak dan Rubella

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Puskesmas Kecamatan Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau menggelar pencanangan imunisasi campak dan rubella tingkat Kecamatan Jabiren Raya tahun 2018, berlangsung di SMP Negeri 1 Jabiren, Kamis (26/7/2018).

Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Puskesmas Jabiren, Rustam Efendi, Camat Jabiren Raya, Agustinuah, Kapolsek Jabiren, Ipda Junedinoto, para guru dan siswa/siswi SMPN setempat.

Kepala Puskesmas Jabiren, Rustam Efendi mengatakan, pencanangan imunisasi campak dan rubella ini untuk usia dini mulai umur 5 tahun keatas. Tujuan kegiata ini guna pencegahan penyakit campak dan rubella dan mendapatkan kekebalan tubuh.

"Giat hari ini, untuk mencegah anak usia dini dari penyakit campak dan rubella," ucap Rustam Efendi, Kamis (26/7/2018) di sela kegiatan.

Rustam menjelaskan, untuk penyakit campak ini berdampak pada radang pada paru-paru, radang otak, diare dan gizi buruk. Sedangkan untuk penyakit rubella, menyebabkan kelainan jantung, kelainan mata, keterlambatan perkembangan jaringan otak.

"Banyak dampak dari penyakit campak dan rubella. Dari itu kita canangkan kegiatan ini. Sasarannya selain anak usia dini imunisasi ini juga untuk ibu hamil, mereka nanti akan kita data dan akan kita jemput bola kerumahnya masing-masing," terangnya.

Sementara itu Camat setempat, Agustinuah, mengatakan dengan adanya pencanangan imunisasi campak dan rubella ini diharapkan masyarakatnya terhindar dari penyakit tersebut.

"Apalagi untuk anak usia dini dan ibu hamil, kedua penyakit tersebut tentunya sangat membahayakan mereka," ucapnya.

Sementara pada kesempatan yang sama, Kapolsek Jabiren Ipda Junedinoto mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih kepada Puskesmas Jabiren atas kepeduliannya melakukan imunisasi campak dan rubella sebagai upaya pencegahan penyakit berbahaya tersebut.

"Kami tentunya sangat mendukung kegiatan ini dan beliau berharap semoga kegiatan ini bisa berlanjut terus guna mengurangi resiko terserang penyakit campak dan rubella harap," ujar Kapolsek Jabiren.[manan]


TAG