• Latest News

    Senin, 30 Juli 2018

    Peringati Hari Jadi ke-68, Pemkab Barut Diingatkan Enam Folus Area


    MUARA TEWEH - Peringatan Hari Jadi ke-68 Kabupaten Barito Utara (Barut) dipusatkan di Arena Tiara Batara Muara Teweh. Bertindak selaku inspektur upacara, Bupati Barut H Nadalsyah.

    Peringatan Hari Jadi ini tampak dihadiri beberapa pejabat Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, Senin (30/7/2018). Juga dihadiri Walikota Palangka Raya H Riban Satia, Asisten Sekda Provinsi, Wakil Bupati Drs Oempi Herby, Ketua DPRD Set Eenus Y Mebas, Wakil Ketua DPRD Acep Tion, Sekda H Jainal Abidin, unsur FKPD, anggota DPRD, Kepala SKPD lingkup Pemkab Barut, mantan bupati dan mantan wakil bupati serta undangan lainnya.

    Sebelum upacara dilaksanakan, diuraikan tentang singkat sejarah berdirinya Kabupaten Barut.

    Peserta upacara diikuti dari kalangan TNI, Polri, PNS, mahasiswa, pramuka dan pelajar dari tingkat SD, SLTP dan SLTA sederajat dalam kota Muara Teweh.

    Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Bupati Nadalsyah menyampaikan, dalam perjalanan sejarah berdirinya Kabupaten Barut, dirinya yakin bahwa Kabupaten ini pasti telah mengalami berbagai tantangan dan masa-sama sulit.

    "Namun karena dilandaskan pada semangat Iya Mulik Bengkang Turan yang berarti Pantang Menyerah Sebelum Berhasil, maka dalam membangun Kabupaten Barut saya yakin Pemerintah Kabupaten mampu menyelesaikan segala macam bentuk permasalahan dan tantangan yang terjadi," kata Koyem sapaan akrab Nadalsyah.

    Tema Hari Jadi Kabupaten Barut ke 68 kali ini, "Dengan Semangat Iya Mulkik Bengkang Turan, mari Wujudkan Barito Utara Berkah, Maju dan Sejahtera".

    Tema ini, katanya, mengandung semangat dan motivasi dalam rangka mewujudkan visi dan misi Kabupaten Barut terwujudnya percepatan pembangunan di berbagai bidang serta peningkatan ekonomi masyarakat secara berkeadilan menuju Barut yang lestari dan sejahtera.

    Lebih lanjut dikatakannya, Presiden dalam arahannya menyampaikan bahwa dalam rangka penguatan otonomi daerah perlu membangun hubungan tata kelola pemerintahan pusat dan daerah yang lebih efektif, efisien, taat kepada hukum dan mempercepat reformasi birokrasi.

    Hal ini senada dengan program kerja koordinasi, supervisi dan pencegahan korupsi pada seluruh kabupaten yang ada di Kalteng salah satunya Kabupaten Barito Utara dan telah dilaksanakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), bahwa untuk menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik perlu perhatian khusus terhadap enam fokus area.

    Keenam fokus area tersebut yaitu pengelolaan APBD agar lebih disempurnakan sistem penganggarannya, pengadaan barang dan jasa, guna menghindari adanya transaksi tidak wajar dalam lelang proyek dan pengerjaannya.

    Kemudian, pelayanan izin dan non perizinan agar tetap satu pintu, terkait pendapatan daerah yang salah satunya menggunakan E-Samsat, pengelolaan dan manajemen SDM pengawai di Kabupaten Barito Utara agar dapat diperbaiki khususnya dalam proses mutasi dan rotasi pejabat.[doni/deni]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Peringati Hari Jadi ke-68, Pemkab Barut Diingatkan Enam Folus Area Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top