Peran Data dalam Pembangunan Barut

Print Friendly and PDF


MUARA TEWEH - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Barito Utara (Barut) menggelar Forum Group Discussion (FGD) untuk menyamakan persepsi dalam penghimpunan data-data statistik Kabupaten Barut, Senin (23/7/2018).

Hal ini bertujuan agar didapat data yang valid dan bermanfaat bagi semua elemen yang memerlukannya, baik pemerintahan, masyarakat dan dunia usaha.

FGD dilaksanakan di ruang rapat Hotel Armani yang dihadiri oleh Kabid Statistik Sosial BPS Provinsi Kalimantan Tengah Drs Syafi'i Nur MSi Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Barut, M Iman Topik SIP MSi, Kepala BPS Barut Ahmad Nasrullah SST, dan jajaran BPS Kabupaten Barut, perwakilan perangkat daerah se-Kabupaten Barut, perwakilan instansi vertikal dan BUMN/BUMD.

Sebagai narasumber dalam FGD adalah Kabid Statistik Sosial BPS Kalteng, Kadis Kominfosandi dan Kepala BPS Barut yang memaparkan pentingnya data khususnya data statistik untuk pembangunan.

Drs Syafi'i Nur MSi memaparkan, data statistik untuk Barut maju, yakni pentingnya data statistik yang berkualitas sehingga akan dapat membawa Kabupaten Barut lebih maju lagi, baik dalam pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat.

"Untuk sensus penduduk 2020 akan berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, dimana sewaktu pendataan bagi penduduk yang belum mempunyai E-KTP, akan langsung ditindaklanjuti dengan menyampai ke Disdukcapil," ucapnya.

Sementara itu, M Iman Topik, SIP MSi menyampaikan, tentang peran data untuk pembangunan, dimana salah satu tupoksi dari Diskominfosandi adalah sebagai penyampai informasi resmi pemerintah kepada masyarakat.

"Ke depannya, diharapkan semua informasi publik dapat disampaikan ke Diskominfosandi, sehingga informasi yang keluar bisa satu pintu," imbuhnya.

Ahmad Nasrullah SST juga menyampaikan, bahwa sebelum Kabupaten Barut dalam angka 2018 dipublikasikan, diharapkan materi yang telah disusun dapat dikoreksi oleh instansi yang terkait.

"Hal ini bertujuan agar tidak ada data-data yang dipublikasikan terdapat kesalahan-kesalahan dan data yang disampaikan berkualitas, lengkap, akurat dan relevan dalam angka akan dipublikasikan pada tanggal 16 Agustus 2018," tukasnya.[doni]


TAG