Pengelolaan Pemerintahan Berbasis Teknologi Informatika 

Print Friendly and PDF


Kaji Penerapan E Government - Pelaksana Tugas Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kapuas Dr H Suwarno Muriyat (baju putih) dan Kabag Umum Setda Kapuas Jhon Pita Kadang bertandang ke Diskominfosantik dan Setda Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur.

KUALA KAPUAS – Pemerintah Kabupaten Kapuas secara terencana dan bertahap akan menerapkan seluruh tata kelola pemerintahan berbasis tehnologi informatika (E-Government).

Tekad kuat ini ditunjukkan dengan menyediakan server berkapasitas besar diawal tahun ini oleh Diskominfo Kabupaten Kapuas agar mampu mengintegrasikan data maupun aplikasi yang ada pada dinas atau badan.

“Alhamdulillah awal Juli ini (5/7/2018) aplikasi E-Planning berbasis web milik Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kapuas yang direkomendasikan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kalimantan Tengah telah tayang melalui komputer dan smartphone android http://perencanaan.kapuaskab.go.id,” jelas H Suwarno

Mantan Kabag Humaspro ini menambahkan manfaat bahwa system E-Planning ini dimaksudkan agar seluruh masyarakat dapat melihat dan memberi masukan prioritas pembangunan dalam wilayah Kabupaten Kapuas melalui website yang mungkin juga sudah diusulkan dalam musrenbang Desa yang berjenjang hingga tingkat Nasional.

Selain memperlancar tata kelola pemerintahan dan keterbukaan informasi publik sekaligus pelaksanaan Perpres 55 tahun 2012 tentang Strategi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi (Stranas PPK) 2012-2025. Applikasi rekomendasi dari BPKP Kalteng mungkin Kabupaten Kapuas sebagai satu satunya Kabupaten di Kalimantan Tengah setelah Pemkot Palangkaraya yang telah melakukan instalasi  applikasi E-Planning berbasis web.

Di sela kunjungan kerja selama tiga hari (5-8/7) mendampingi Penjabat Bupati Kapuas ke Banyuwangi, Plt Kadis Kominfo dan Kabag Umum Setda Kapuas menyempatkan diri bertandang ke Dinas Kominfosantik dan Sekretartiat Daerah Kabupaten Banyuwangi.

“Bapak Penjabat Bupati Kapuas menugaskan secara khusus kepada saya dan Pak Jhon Pita Kadang untuk menjajaki kerjasama tata kelola pemerintahan. Sangat banyak inovasi tata kelola maupun aplikasi Pemerintah Kabupaten Banyuwangi yang dapat diterapkan di Kabupaten Kapuas,” ujar Suwarno

Masih di tempat yang sama, Pj Bupati Kapuas Agus Pramono usai menerima laporan studi penjajakan menegaskan akan segera menindaklanjutinya sebagai kebijakan prioritas.

“Saya akan menugaskan Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Kapuas yang menangani Perencanaan, Pendidikan, Kesehatan, Pertanian, Keuangan, Pemberdayaan Desa, Kominfo, Pariwisata dan beberapa lainnya untuk segera berkoordinasi dengan calon mitra kerjanya di Pemkab Banyuwangi selanjutnya melakukan MoU dan merealisasikan secara terencana dan bertahap sesuai kemampuan dan kondisi Kapuas. Kita ingin kedepan Kabupaten Kapuas mampu bergerak cepat dalam segala sekltor seperti Kabupaten Banyuwangi,” pungkas Agus Pramono.[angga]


TAG