Penegakan Perda, Dinas Pol PP Perlu Dukungan Semua Pihak

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Institusi Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Damkar Kabupaten Kapuas selalu berusaha dan berupaya melaksanakan tugas semaksimal mungkin sesuai dengan tugas dan fungsi sebagai perangkat SOPD yang mengawal dan melaksanakan  peraturan daerah (Perda).

"Tugas berat Satpol PP hendaknya didukung semua pihak, serta perlu pemahaman dan kesadaran masyarakat,  sehingga tidak terkesan Pol-PP itu keras," ucap Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Kapuas, Robert Linuh Gerung, Senin (23/7/2018) di Kapuas.

Keberadaan Satpol PP dan Damkar, sambungnya, diperlukan dalam menegakan Perda di Kota Kapuas.

"Tugas dan fungsi jelas sehingga terkawalnya peraturan daerah," imbuh Politisi senior dari PDIP di Kapuas ini.

Dikonfirkasi secara terpisah, Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Kabupaten Kapuas Yunabut menjelaskan, jajarannya senantiasa melakukan tugas dan fungsi dengan sebaik mungkin sebagai penegak Perda.

"Semakin jauh keberadaan Satpol PP dan Damkar tentunya semakin berusia cukup tua, maka harus melakukan tugas dengan sebaik-baiknya dalam rangka menjalankan tugas sebagai penegak Perda" ucap Yunabut, Senin (23/7/2018) ditemui di ruang kerjanya.

Tugas Satpol PP dan Damkar, lanjutnya, keseharian lebih banyak berurusan atau dalam rangka pengaturan yang bersipat langsung, bukan sekedar administrasi,  tapi lebih kepada bersentuhan secara langsung kepada masyarakat.

Kaitan dengan ini tentu tidak semudah apa yang kita bayangkan di atas meja (kantor) karena berhadapan langsung kepada orang per orang.

Dalam menghadapi masyarakat diperlukan jiwa yang besar, butuh kesabaran dan pemahaman atau memberikan pengertian kepada masyarakat sehingga bisa diterima.

"Lebih baik dengan cara yang arif  dari pada main kekerasan, Selama masih bisa dilakukan dengan arif dan bijak sana, sebab yang namanya masyarakat kadang terjadi lantaran ketidak tahuan, sehingga itu perlu komunikasi dengan cara-cara pendekatan persuasif," paparnya.

Memang diakui, masih ada saja masyarakat, khususnya para pedagang kaki lima yang tidak taat aturan, sejuah ini pihaknya selalu memberikan pemahaman.

"Berharap suatu saat sadar dengan sendirinya apa yang dilakukan mereka ada lah salah dan melanggar," terang Yunabut.

Mantan Kabag Humas Pemda ini mengatakan, kerja keras jajaran Satpol PP dan Damkar kiranya dapat menunaikan tugas  dengan baik, sebagai pengawal dan penegak Perda.[zulkifli]


TAG