Pendaftaran Caleg Ditutup, KPU Kapuas Nyatakan Dua Parpol tak Penuhi Syarat

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS  - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas resmi menutup pendaftaran bakal calon anggota legislatif (bacaleg), Selasa (17/7/2018) pukul 00.00 WIB.

Dari 16 partai politik peserta Pemilu yang  mendaftarkan bacaleg mereka, KPU menyatakan ada dua Parpol tidak memenuhi persyaratan, sebagaimana ketentuan yang diatur PKPU.

Belum dirinci Parpol mana dan apa penyebabnya sehingga tidak mendapat tanda terima dari KPU.

"Kita sudah pleno tadi malam untuk  jelasnya nanti ke divisi teknis saja," kata Jamilah Komisioner KPU Kapuas, kepada media ini, Rabu (18/7/2018) di Kantor KPU Kapuas.

Diketahui tahapan pendaftaran dan penyerahan berkas pencalegkan sebenarnya telah dibuka oleh KPU sejak 4 Juli lalu. Namun, sebagian besar Partai politik memilih mendatangi Kantor KPU pada saat hari terakhir pendafraran.

H-1 jelang penutupan pada Senin, 17 Juli, Partai Nasdem menjadi partai pertama yang mendaftarkan calegnya ke KPU Kapuas, disusul PKB dan PAN, ketiga Partai politik tersebut menyerahkan daftar calegnya ke KPU Kapuas sejak Senin (16/7/2018).

Parpol lainnya  memilih hari terakhir untuk mendaftarkan caleg mereka. PKS datang ke KPU pada Selasa 17 Juli pagi, disusul PPP yang datang sekitar pukul 11.00 WIB. Kemudian pada siang Selasa 17 Juli, Demokrat dan PDIP disusul Perindo.

Partai politik lain memilih mendaftar pada malam hari. Kebanyakan parpol memilih menit-menit terakhir untuk mendaftar karena persiapan teknis yang harus dimatangkan.

"Setelah proses pendaftaran ini, akan ada verifikasi administrasi," kata Jamilah Komisioner KPU Kapuas, Rabu (18/7/2018) di Kantor KPU Kapuas.

KPU, lanjutnya, akan menyampaikan hasil verifikasi kelengkapan administrasi bakal calon kepada partai politik peserta Pemilu.

"Pada 22-31 Juli 2018, akan ada perbaikan daftar calon dan syarat calon anggota serta pengajuan bakal calon pengganti," imbuhnya.

Sebagaimana tahapan sambungnya Pengumuman daftar calon tetap (DCT)  akan dilakukan pada 21 hingga 23 September 2018.[zulkifli].


TAG