Partai Garuda Ajukan Keberatan ke Panwaslih Kapuas

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Pengurus Parpol Garuda Kabupaten Kapuas mengajukan keberatan ke Panwaslih Kapuas, keberatan Partai Garuda terkait pengajuan Bacalegnya yang dinyatakan tidak memenuhi syarat oleh KPU Kapuas.

"Menyampaikan keberatan terhadap keputusan KPU Kapuas, yang telah menolak dokumen syarat pengajuan bacaleg dari DPC Partai Garuda Kabupaten Kapuas," ungkap, H Akhmad Riduan SH, Ketua DPC Partai Garuda Kabupaten Kapuas, Jumat (20/7/2018) saat pengajuan keberatan di Kantor Panwaslih, Jalan Seroja Kapuas.

Menurutnya, ihwal keberatan pihaknya dikarenakan pihak KPU Kapuas menyiasati dan mengulur-ulur waktu bagi Partai Garuda untuk melengkapi berkas B1, sehingga waktu yang diberikan tidak cukup dan berakibat sangat merugikan pihak DPC Partai Garuda Kapuas, khususnya bacaleg yang tidak bisa mengikuti Pemilu legislatif 2019.

Sehubungan hal itu pihaknya mengharapkan Panwaslih Kapuas agar dapat berkoordinasi dengan KPU Kapuas mengenai keberatan pihaknya. "Agar bacaleg DPC Partai Garuda dapat ikut dalam Pemilu legislatif 2019," imbuhnya.

Sementara itu, pihak KPU Kapuas yang dimintai tanggapannya mengatakan, bahwa apa yang pihaknya putuskan telah sesuai mekanisme dan peratutaran yang ada sesuai ketentuan.

"Keputusan yang diambil sesuai dengan ketentuan PKPU Nomor 20 tahun 2018, tentang pencalonan anggota legislatif," kata Budi Prayitno, Ketua KPU Kapuas saat dikonfirmasi di ruang kerjanya.

Senada, Adi Resido komisioner KPU Kapuas membenarkan, pihaknya tetap berpedoman dengan PKPU RI Nomor 20 tahun 2018, dimana sejumlah syarat pengajuan bacaleg harus terpenuhi.

"Kita telah memberikan tenggang waktu untuk mendapatkan B1 tersebut," kata Adi Resido.

Tenggang waktu diberikan, sambungnya, hingga Silon ditutup oleh KPU RI.[zulkifli]


TAG