Musim Kemarau, Kapolsek Kahlir: Imbau Jangan Bakar Lahan Sembarangan

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Kapolsek Kahayan Hilir, Iptu Sugiharso mengingatkan sekaligus mengimbau masyarakat Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) saat memasuki musim kemarau tahun 2018 ini, agar selalu waspada dan siaga terhadap ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Imbauan ini penting diperhatikan, mengingat bencana atau musibah tahunan ini bisa mengancam apabila tidak dilakukan antisipasi secara dini.

Karena itu, untuk seluruh elemen baik masyarakat terlebih pemerintah setempat, tentunya harus bersatu mengatasi masalah ini karena saat ini mulai memasuki musim kemarau.

"Ancaman Karhutla ini, kami minta seluruh pihak harus waspada. Karena musibah ini bisa mengancam setiap saat saat musim kemarau seperti ini. Dan juga masyarakat harus mentaati pertaruran yang ada," tutur Sugi, kepada KabarKalteng, Kamis (26/7/2018) di ruang kerjanya.

Ia juga mengimbau kepada para petugas baik dari pemerintah maupun pihak terkait lainnya agar sigap dan terus menggalakkan waspada dengan harapan agar nantinya bisa dilakukan pendeteksian secara dini, sehingga apabila ada yang melakukan pembakaran bisa dilakukan pencegahan secara cepat.

Selain itu, bagi masyarakat yang memiliki lahan hendaknya tidak membukanya untuk dikerjakan dengan cara dibakar.

"Kami juga ingatkan kepada seluruh lapisan masyarakat agar jangan membakar hutan dan lahan secara sembarangan. Karena alasan membuka lahan juga tidak boleh dilakukan dengan cara membakarnya," pungkas Sugi.

Selanjutnya, pihak Kepolisian dalam hal ini Polsek kahayan Hilir akan melakukan tindakan tegas apabila nantinya ditemukan ada yang melakukan pembakaran dengan sengaja. Untuk itu Polsek Kahlir tidak hentinya mengingatkan lapisan masyarakat agar jangan bakar hutan dan lahan sembarangan.

"Kami akan terus melakukan pengawasan secara berkala baik dibeberapa lokasi yang dianggap rawan titik kebakarannnya," ucap Sugi kembali menegaskan.[manan]


TAG