Membanggakan, Siswa SMKN 1 Kahlir Juara TTG tingkat Pulang Pisau

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Artagandi dan Arjuna dari SMKN 1 Kahayan Hilir berhasil menoreh prestasi gemilang dengan memperoleh nilai tertingi dengan skor 2871 pada lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Kabupaten Pulang Pisau yang berlangsung di GPU Handep Hapakat, Rabu (18/7/2018) kemarin.

Hasil karya inovatif yang membawa mereka memperoleh nilai tertinggi hingga mendapat predikat juara pertama yakni dengan karya mereka berupa, alat tungku panggang bolak-balik yang berfungsi untuk membolak balikan menu makanan, sehingga tidak perlu penjepit lagi untuk membalik bakarannya.

"Alat ini menggunakan tuas yang berfungsi untuk membolak-balikan menu bakar, sehingga bakarannya tidak terjatuh karena ada pengunci di bagian makanan. Alat sederhana inilah yang dinilai juri layak untuk memenangkan lomba TTG Tingkat Kabupaten Pulang Pisau setelah menyisihkan 6 peserta lainnya," kata Wali Kelas Artagandi dan Arjuna, Kristianto kepada KabarKalteng mengabarkan, Jumat (20/7/2018) via WhatsApp.

Jadi, sedikit tambahnya dengan adanya alat tersebut dapat mempermudah usaha kuliner terutama pada warung-warung yang menyediakan menu bakaran, sehingga mereka akan dipermudah dan terbantu.

"Kiranya alat ini lebih praktis, hemat waktu serta efisien terutama untuk menu bakaran," ucapnya.

Ia juga berpesan, agar terus belajar, terus kreatif dalam hal positif. Dan semoga nanti ke depannya hasil yang di dapat bisa berguna untuk masyarakat banyak.

"Semoga pemerintah bisa melihat kreatifitas anak didik kami ini," tukas Kristianto.

Sementara terpisah, Kepala DPMD Kabupaten Pulang Pisau, Syariful Pasaribu menyampaikan bagi pemenang dalam lomba TTG Tingkat Kabupaten Pulang Pisau ini mendapatkan Piala dan Piagam serta alat elektronik berupa Laptop dan sejumlah hadiah lainnya.

"Untuk Juara I, II dan III kita diberikan hadiah berupa Piala, Piagam dan satu unit laptop. Sedangkan untuk Juara Harapan I, II dan III kita diberikan hadiah hiburan berupa kipas angin," kata Syariful Pasaribu, Jumat (20/7/2018).

Dikatakannya juga, nantinya Juara I akan disertakan dalam lomba TTG Tingkat Nasional di Jakarta pada bulan ini juga dan untuk Tim Juara I akan disertakan beserta Guru Pembinanya ikut untuk ikut pelaksanaan TTG di Bali Bulan yang berlangsung pada Nopember 2018 mendatang.

"Kami ucapkan selamat kepada pemenang, bagi yang belum jangan putus asa, terus berusaha, berkarya," ucapnya.

Sementara berdasarkan infomasi dari pihak DPMD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Pihak yang menyelenggarakan TTG pada tahun 2018 ini hanya Kabupaten Pulang Pisau.

"Di Kalteng ini hanya kita aja yang melaksanakan kegiatan TTG Tingkat Kabupaten," tukasnya.[manan]


TAG