• Latest News

    Senin, 30 Juli 2018

    Melalui Methode IVA, PKK Barsel Lakukan Deteksi Dini Kanker Serviks


    BUNTOK - Tim Penggerak PKK Kabupaten Barito Selatan (Barsel) bekerjasama TP PKK Kalteng dan Dinas Kesehatan serta TP PKK Kecamatan setempat menggelar penyuluhan deteksi dini kanker mulut rahim (serviks) melalui methode IVA test.

    Acara ini sendiri dibuka oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Barsel Hj Permana Sari SSi MM MBA, Sabtu (28/7/2018) akhir pekan tadi.

    Dalam sambutannya Ia mengatakan, upaya mendeteksi dini dan mencegah secara dini kanker serviks kanker leher rahim bagi ibu-ibu di Kabupaten Barsel.

    Hal ini juga merupakan salah satu prorgam unggulan untuk menekan prevalensi kanker serviks kepada seluruh perempuan asia produktif, sehingga kegiatan ini menjadi salah satu agenda nasional sebagai upaya pemerintah dalam memerangi kanker serviks untuk menyelamatkan kaum perempuan dari bahaya ini.

    "Perlu kami sampaikan, bahwa TP PKK Barsel juga telah melaksanakan pereriksaan kanker serviks (IVA TEST) di dua kecamatan yaitu di Kecamatan Gunung Bintang Awai dan Dusun Selatan denga jumlah peserta sebanyak 900 orang," jelas Permana Sari kepada KabarKalteng, Senin (30/7/2018).

    Permana Sari melanjutkan, jumlah yang dicapai masih belum sesuai seperti apa yang diinginkan, karena masih banyak ibu-ibu yang belum memahami betapa pentingnya untuk menjaga kesehatan reproduksi wanita dan proses pemeriksaannya sehingga ibu-ibu masih enggan dan malu untuk memeriksakan dirinya.

    "Terima kasih kepada TP PKK Provinsi dan Dinas Kesehatan Kalteng atas perhatiannya yang begitu besar kepada kaum perempuan khususnya ibu-ibu di Barsel ini, dan juga kepada Dinas Kesehatan Barsel serta UPTD Puskesmas yang telah membantu mempersiapkan segala sesuatunya sehinnga kegiatan ini dapat dilaksanakan," imbuhnya.

    Lebih lanjut, Permana Sari juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua Dharma Wanita yang telah berpartisipasi mengirimkan anggotanya sebanyak 95 orang, dan organisasi lainnya serta masyarakat yang mendaftar melalui Puskesmas sebanyak 85 orang sehingga berjumlah 180 orang.

    "Saya juga mengucapkan kepada para dokter serta tenaga medis lainnya serta masyarakat yang sudah membantu kegiatan ini," pungkas Pemana Sari.[kenedy]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Melalui Methode IVA, PKK Barsel Lakukan Deteksi Dini Kanker Serviks Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top