KUA Kapuas Kuala Terpilih sebagai Duta Kalteng ke Tingkat Nasional

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kapuas Kuala, Herry Mulyadi, bersama-sama dengan peserta lain yang mewakili 14 Kabupaten/ Kota se-Kalimantan Tengah, mengikuti penilaian berbagai keterampilan.

Keterampilan tersebut, yakni membaca kitab Munakahat, membawakan khutbah nikah, membaca Alquran, serta mempresentasikan inovasi, serta capaian dalam pelayanan terkait dengan peningkatan pencapaian kepuasan masyarakat.

Dalam penilaian ini terpilih sebagai KUA terbaik dan teladan Provinsi Kalimantan Tengah, KUA Kapuas Kuala dari Kabupaten Kapuas. Alhasil, KUA terpilih berhak mewakili Kalimantan Tengah di ajang pemilihan KUA Teladan tingkat nasional.

KUA Kapuas Kuala sendiri menyisihkan KUA dari Kabupaten Lamandau di peringkat kedua, dan KUA Kotawaringin Timur yang akhirnya berada di posisi ketiga.

Acara yang digelar dari 26 hingga 27 Juli 2018 ini dibuka oleh H Mohammad Asbli, Kepala Bidang Bimas Kantor Wilayah Kementrian Agama Kalimantan Tengah, di Hotel Fovere, Kota Palangka Raya.

"Sebelum presentasi dari masing-masing Kepala KUA se-kabupaten dan kota Kalimantan Tengah ini, saya bersama rombongan di antaranya H Isnaeni yang menguasai bidang kepenghuluan, keliling mengadakan penilaian terkait masalah administrasi, manajemen pelayanan, hingga hal lain yang berkaitan dengan KUA selaku pelayanan di garis depan dari Kementerian Agama," kata Mohammad Asbli.

Karena itu, lanjutnya, Kasi Bimas sebagai kordinasi langsung dengan jajaran Kantor Urusan Agama (KUA) juga ikut mendampingi kepala KUA yang sedang berlomba untuk meraih yang terbaik  se-Kalimantan Tengah.

Kasi Bimas Islam Kantor Kemenag Kabupaten Kapuas, Mohammad Poteran yang mendampingi Kepala KUA Kapuas Kuala mengaku bangga dan bersyukur dengan prestasi ini. Ini diharapkan bisa memotivasi KUA lainnya di bawah koordinasi untuk meningkatkan kinerja.

"Herry Mulyadi ini juga dulu pernah menjuarai penulisan ilmiah tingkat Provinsi," terang Mohammad Poetran.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kapuas, H Ahmad Bahruni juga merasa senang dan bangga serta mengapresiasi keberhasilan dari KUA di lingkup Kemenag yang dipimpinnya. Beliau juga berpesan agar lebih dipersiapkan lagi untuk jenjang berikutnya.

"Tingkat nasional tentu aspek penilaian dan persaingan akan lebih berat lagi, semakin kita persiapkan lebih bagus lagi," pesan Bahruni.

Terpisah anggota DPRD Kabupaten Kapuas, Baihaqi dari Fraksi PKB yang berasal dari daerah pemilihan Kecamatan Kapuas Kuala dan kecamatan terdekat lainnya (Dapil 5) mengapresiasi lomba ini. Menurutnya, ini adalah hal yang positif untuk semua KUA agar lebih profesional lagi melayani masyarakat.[angga]


TAG