• Latest News

    Sabtu, 07 Juli 2018

    Komunitas BMX Pulpis Berharap Pemerintah Bangunkan Sirkuit


    PULANG PISAU - Di Kabupaten Pulang Pisau, bukan hanya komunitas motor saja yang ada, namun sejumlah komunitas lainnya mulai banyak digandrungi. Sebut saja, salah satunya komunitas sepeda BMX Freestyle.

    Di Kabupaten Pulang Pisau, sebelum menjadi sebuah komunitas, hanya ada sekumpulan anak muda Bumi Handep Hapakat yang sengaja melakukan perkumpulan dengan bertukar cerita soal sepeda BMX.

    Dengan seringnya berkumpul bermodalkan sepeda BMX itu beberapa orang pemuda tersebut berinisiatif untuk membuat sebuah komunitas.

    Ya, akhirnya dari hari ke hari, bulan berganti bulan, bahkan tahun silih berganti. Sampai pada sekarang tahun 2018 ini, pecinta sepeda BMX di Bumi Handep Hapakat mulai semakin disukai dan banyak peminatnya.

    Dikatakan Ketua Komunitas Pulang Pisau BMX, Anjul, bermula hanya beberapa orang saja saat itu yang menyukai sepeda BMX. Namun setelah berjalannnya waktu, pecinta sepeda BMX pun kini makin diminati dan menjadi sebuah komunitas yang sekarang bernama Pulang Pisau BMX.

    "Saat itu, pada tahun 2012 kita hanya ada ada lima orang saja dan pada di tahun 2016 penggemar BMX makin meningkat. Sehingga para anak-anak penggemar BMX patungan untuk membuat alat sebagai sarana latihan," tutur Anjul selaku Ketua Komunitas Pulpis BMX menceritakan kepada KabarKalteng, Sabtu (7/7/2018).


    Namun, lanjutnya, alat yang dibuat tidak bertahan lama, sehingga pada tahun 2017 anggota BMX berkurang anggotanya karena tidak alat latihan rusak akibat tidak memadai.

    Banyaknya anak-anak komunitas yang mengeluh dan keluar pada saat itu,  membuat Anjul bersama teman seperjuangannnya merasa sedih, karena kebersamaan mereka bersama anak BMX selama beberapa tahun hilang begitu saja. 

    Meski demikian, tidak membuat mereka patah semangat. Dengan berkurangnya anggota komunitas BMX-nya. Anjul, Dede, Alfian dan Rafi empat pemuda promotor BMX di Pulpis ini tetap bersemangat untuk mewujudkan impian mereka memperkenalkan Kabupaten Pulang Pisau melalui hobi mereka, yaitu melalui  sepeda BMX freestyle.

    "Dengan alat seadanya kita berupaya terus latihan. Sampai pada saat itu kita dari empat orang itu mengikuti Event (Projam) BMX di Kota Palangka Raya, dan alhamdulillah satu dari empat orang itu berhasil meraih gelar juara III untuk membawa nama Kabupaten Pulang Pisau," imbuhnya. 

    Selain itu, terangnya, Komunitas BMX Pulang Pisau tidak hanya pernah mengikuti even di Kota Palangka Raya saja, namun even di beberpa kota lainnya juga pernah mereka ikuti untuk membawa nama daerah mereka.

    "Kita bukan hanya di Palangka Raya saja pernah ikut, event di kota lainnya juga pernah kami ikuti seperti di Kota  Banjarmasin, Banjarbaru dan Pelaihari," ucap Anjul.

    Dengan sejumlah pengalaman dan prestasi mereka, Anjul cs sangat berharap kepada pemerintah setempat agar dapat  dibangunkan tempat yang lebih layak untuk latihan BMX freestyle, karena menururnya generasi muda berbakat di Pulang Pisau ini tidaklah sedikit, namun sangatlah banyak. Dari itu mereka butuh support dan sirkuit terbuka untuk latihan biar lebih aman terkhusus untuk sirkuit sepeda BMX freestyle.

    "Saat ini kita latihan memanfaatkan fasilitas kabupaten yang ada, seperti di dermaga pelabuhan eks DPRD, lokasi Taman Sumbu Kurung, Taman kota dan
    di Halaman GPU dan di halaman Stadion HM Sanusi. Dari keempat tempat inilah kami melakukan latihan bersama sisa anggota sepeda BMX freestyle saat ini," tuturnya.

    Sebelumnnya, tambah Anjul, pihaknya pernah mengusulkan ke beberapa dinas dan organisasi terkait untuk dibuatkan sirkut latihan. Namun sampai saat ini masih belum ada tanggapan dan kejelasan yang pasti.

    "Kita sudah usulkan keberapa dinas dna organisasi terkait lainnya seperti KONI, DPUPR, DPRD, dan sejumlah dinas terkaitnya. Sampai saat ini masih belum ada kabarnya. Padahal dari dinas PUPR setempat meminta kami membuat miniatur sirkuit latiha dan itu sudah kami serahkan. Namun sampai saat ini tidak ada tindaklanjutnya, begitu juga seperti KONI dan DPRD Pulpis belum ada realisasinya," ungkap Anjul dengan penuh harap.[manan]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    2 komentar:

    1. Semoga cepat di bangun kan tempat yang layak untuk latihan��

      BalasHapus
    2. amin amin gua juga berharap kek gitu omm wkwkwk

      BalasHapus

    Item Reviewed: Komunitas BMX Pulpis Berharap Pemerintah Bangunkan Sirkuit Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top