• Latest News

    Selasa, 10 Juli 2018

    Kemenag Pulpis: Kalau Sudah Mampu segera Daftar Haji


    PULANG PISAU - Kepala Kementerian Agama (Kamenag) Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), H Ardiansyah AR mengimbau kepada seluruh umat Islam di Bumi Handep Hapakat yang sudah memiliki kemampuan finansial serta sehat jasmani dan rohani untuk segera mendaftarkan diri sebagai calon jamaah haji.

    Karena menurut Ardiansyah, pelaksanaan ibadah haji adalah sebuah kewajiban bagi umat Islam yang memiliki kemampuan untuk segera menunaikan ibadah tukun Islam kelima ini.

    "Di manapun ia berada, tak terkecuali di Pulang Pisau wajib bagi umat Islam kita harapkan untuk dapat mendaftarkan diri. Karena melaksanakan ibadah haji sesuatu kewajiban sesuai rukun Islam yang kelima," ucapnya kepada sejumlah awak media, Selasa (10/7/2018).

    Imbauan ini dilakukan kerena menurutnya, selain mengingatkan kepada sesama umat Islam hal ini juga agar bagi yang cepat melakukan pendaftaran maka akan lebih cepat menunggu antrean.

    "Kalau kita lambat mendaftar (bagi yang mampu) maka semakin lama pula menunggu antrean. Karena itu, alangkah baiknya jika  secepatnya mendaftar sebagai calon jemaah haji," ungkapnya.

    Sedikit dijelaskannya, bila umat Islam di Pulang Pisau memperlambat mendaftar sebagai calon jamaah haji di, maka berisiko akan sangat lama menunggu antrean. Hal itu disebabkan kuota yang diberikan pemerintah terbatas, dan disesuaikan dengan kondisi di Tanah Suci.

    "Misal saja saat ini usia kita 50 tahun, dan baru mendaftar sebagai calon jamaah haji, maka pada usia 66 baru dapat menunaikan ibadah haji. Artinya, semakin lama atau memperlambat dalam pendaftaran sebagai calon jamaah haji, maka semakin berisiko tinggi lama pula akan berangkat," tuturnya.

    Sebaiknya, tambah Ardiansyah, untuk menunaikan ibadah haji dimulai dari niat yang ikhlas sehingga saat usia muda diharapkan dapat mendaftar di Kemenag.

    Diketahui pada tahun ini, kuota untuk calon jemaah haji Pulang Pisau yang menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci Mekkah hanya 52 orang yang ditambah 1 orang petugas bimbingan haji.[manan]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Kemenag Pulpis: Kalau Sudah Mampu segera Daftar Haji Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top