• Latest News

    Senin, 30 Juli 2018

    Kapuas Miliki Lima Potensi Produk Unggulan yang Perlu Difokuskan


    KUALA KAPUAS - Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah secara umum memiliki sumber daya alam (SDA) yang dapat dijadikan produk unggulan bagi pengembangan usaha, khususnya untuk desa.

    Hanya saja berbagai produk unggulan tersebut perlu difokuskan lagi dalam pengelolaanya.

    Hal ini sebagaimana yang dikatakan Ir Nyelong Ingga Simon, Direktur Pengembangan Sumber Daya dan Lingkungan Hidup Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi RI, Senin (30/7/2018), usai memberikan materi empat program prioritas Kemendes.

    "Berdasarkan paparan para direktur BUMdes kita memetakan ada lima potensi produk unggulan," ungkap Inga Simon.

    Potensi lima produk unggulan itu, lanjutnya, adalah padi, rotan, karet, tanaman holtikultura serta usaha penangkapan ikan.

    Menurutnya, kelima produk unggulan tersebut perlu difokuslan lagi. "Bagaimana menetapkan produk unggulan, agar dapat dikembangkan meningkatkan nilai tambah," imbuh wanita kelahiran Kalteng ini.

    Sehingga, sambungnya, di desa tidak ada lagi masyarakat yang tidak mempunyai mata pencarian atau usaha, dengan adanya BUMdes yang diisi dari produktivitas unggulan.

    Untuk itu, menurutnya diperlukan teknologi tepat desa yang mana dalam peraturan telah disediakan alokasi anggarannya.

    "Produk unggulan itu di mana usaha yang dilakukan banyak orang pada suatu desa tersebut, untuk menghasilkan barang dan jasa dalam rangka menopang ekonomi keluarganya," tutup pejabat Kemendes itu.[zulkifli]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Kapuas Miliki Lima Potensi Produk Unggulan yang Perlu Difokuskan Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top