Kades Tanjung Taruna Siap Kawal Tahun Politik ke Arah Kerukunan

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Kepala Desa Tanjung Taruna, Kecamatan Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau, Udin Agon mengatakan pihaknya siap mengawal tahun politik 2019.

Pernyataan tersebut disampaikannya dalam upaya menciptakan suasana aman, damai dan harmonis serta memotivasi masyarakat tentang pentingnya rasa kebersamaan dalam persatuan dan kesatuan Negara Republik Indonesia dalam menghadapi tahun politik.

"Saya selaku Kepala Desa Tanjung Taruna, pada tahun politik 2019 siap mengawal desa yang saya pimpin ini ke arah kerukunan antar sesama," ucap kepada KabarKalteng, Jumat (28/7/2018) via WhatsApp.

Menurutnya, desa merupakan pondasi utama menentukan keberhasilan suatu daerah dalam aspek pembangunan serta kunci kesejahteraan masyarakat dalam balutan Bhinneka Tunggal Ika.

"Karena desa merupakan tempat atau posisi paling depan yang langsung berhubungan dengan masyarakat. Dari itu kita siap kobarkan semangat menjaga kerukunan antar sesama," ungkapnya.

Ia juga mengungkapkan dari kutipan arahan Presiden Joko Widodo dihadapan ribuan Kepala Desa pada acara Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa dan Lembaga Kemasyarakatan Desa Tahun 2018 yang digelar di Graha Pradipta Jogja Expo Center (JEC), Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Kamis, 25 Juli 2018 lalu, bahwa Presiden telah menitipkan amanah kepada seluruh aparatur desa khususnya bagi para Kepala Desa, agar bisa menyampaikan pentingnya menjaga kerukunan masyarakat di masing-masing desa dalam memasuki tahun politik ini.

"Jadi upaya menjaga kerukunan dimasyarakat ini harus dimulai dari diri kita pribadi, karena kita selaku kades tantunya menjadi panutan di lingkungan masyarakar. Artinya para aparatur desa dimanapun berada jangan sampai kita mudah dikompori oleh politisi-politisi yang tidak benar, sehingga menimbulkan perpecahan dikalangan masyarakat. Tugas kita tentunya sebagai penyejuk dikalangan masyarakat dikala ada isu-isu perpecahan, bukan sebaliknya masalah memperkeruh suasana," tuturnya.

Ditambahkannya, untuk di daerah kita khususnya Kabupaten Pulang Pisau di harapkan jangan sampai gara-gara politik terjadi perpecahan dan permusuhan antar sesama.

"Yang kita harapkan kekompakan dan kebersamaan dalam upaya memajukan daerah kita,"tukasnya.[manan]


TAG