• Latest News

    Kamis, 19 Juli 2018

    Jadi Tersangka, Kades Ini Diamankan Kejari Barsel


    BUNTOK - Kepala Desa Palurejo, Kecamatan Gunung Bintang Awai (GBA), Kabupaten Barito Selatan, yang saat ini nonaktif, Gervasius Paceli, resmi dijadikan tersangka dan ditahan oleh pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Barsel, Kamis (19/7/2018).

    "Ya kita tahan di Rutan Buntok, terhitung sejak hari ini sampai 20 hari kedepan," beber Kepala Kejari Barsel, Oscar Douglas Riwu SH MH, melalui Kasi Pidana Khusus (Pidsus), Bayu Fermady SH MH, Kamis (19/7/2018).

    Penahanan Gervasius Paceli sendiri, dikarenakan yang bersangkutan ditetapkan sebagai tersangka dalam dugaan kasus Korupsi Alokasi Dana Desa (ADD) Palurejo Tahun 2016.

    Dugaan kasus korupsi ADD Palurejo oleh Gervasius ini, terkuak berdasarkan hasil Laporan Hasil Audit Khusus Inspektorat Barsel dengan nomor LHAK : 700/04/III/LHA-K/IK/2018, tertanggal 9 Maret 2018. Di dalam laporan hasil audit tersebut, terbukti ada kerugian negara sebesar Rp200 juta lebih, yang diakibatkan oleh perbuatan Gervasius.

    Berdasarkan hasil penyelidikan dan penyidikan, pihak penyidik Kejari menemukan lebih dari dua alat bukti. Alat bukti itu sangat kuat menunjukkan telah terjadi tindak pidana korupsi penyalahgunaan anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) tahap 3 dan Dana Desa Tahap 2 Tahun 2016.

    "Ada kerugian negara dan itu diakui oleh yang bersangkutan," terang Bayu.

    Dengan adanya penetapan tersangka ini, Gervasius didakwa dengan Pasal (2) ayat 1 dan subsider Pasal (3) UU nomor 31 Tahun 1999 Tentang Tindak Pidana Korupsi, dengan ancaman hukuman minimal 4 tahun dan maksimal 20 tahun penjara dan denda sekurang-kurangnya Rp200 juta.[tampetu]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Jadi Tersangka, Kades Ini Diamankan Kejari Barsel Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top