Ini Tujuan Digelarnya Lomba TTG oleh DPMD...!

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) menggelar lomba karya cipta dan inovasi teknologi tepat guna (TTG) ke IV  tingkat Kabupaten tahun tahun 2018, bertempat di GPU Handep Hapakat, Kota Pulang Pisau, Rabu (18/7/2018).

Dalam lomba tersebut sedikitnya diikuti 7 kelompok terdiri dari peserta pelajar tingkat SMA/SMK/Sederajat dan  Posyantek dari Kecamatan di Kabupaten Pulang Pisau.

"Kegiatan ini sudah berjalan keempat kalinya. Pada tahun 2018 merupakan yang keempat kalinya TTG ini berlangsung," ucap Kepala DPMD Pulpis Syariful Pasaribu kepada awak media, Rabu (18/7/2018) di GPU kabupaten setempat.

Syariful menjelaskan adapun tujuan dilaksanakannya lomba TTG ini tidak lain ialah untuk memasyarakatkan TTG secara luas di wilayah Kabupaten Pulang Pisau dengan cara melatih pemuda, pelajar, mahasiswa, kelompok Posyantek dan masyarakat pemerhati TTG agar dapat bekerja secara kelompok atau tim untuk mencari inovasi-inovasi terbaru di bidang teknologi tepat guna serta sekaligus mampu mempromosikan hasil karya cipta dan inovasi TTG kepada masyarakat dan dunia usaha atau industri.

"Tujuannya agar dikenal masyarakat dan memberikan motivasi atau dorongan agar semua pihak mampu melakukan inovasi, khususnya yang memiliki karakter sebagai teknologi tepat guna," ungkapnya.

Sementara untuk tim penilai lomba TTG tersebut, tambah Syariful, dari Sekretaris lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat UNPAR, Prof. DR. Ir.  H Saputera M.Si, Kepala Bidang Pemberdayaan Kemasyarakatan, SDA dan TTG DPMD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Drs. Suhufi Ibrahim dan Peneliti Muda Peternakan dan Sistem Usaha Tani BPTP Kalteng, Adrial, S. Pt, M.Si.

"Melalui lomba Karya Cipta dan Inovasi TTG ini kita harapkan akan tumbuh inovator-inovator baru di bidang TTG yang dapat menunjang pembangunan di daerah masing-masing," tukas Syariful Pasaribu pada kesempatan itu.[manan]


TAG