Hajat Terkabul, Bumdes Desa Hanjak Maju Gelar Syukuran

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Badan usaha milik desa (Bumdes) Hanjak Maju, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), Senin (2/7/2018) malam menggelar acara syukuran.

Syukuran yang digelar pihak Bumdes itu, dalam rangka telah terkabulnya hajat yang selama ini pihaknya harapkan yakni pembelian alat transportasi berupa mobil operasional bagi bumdes itu sendiri.

Hadir dalam acara syukuran tersebut, Kades Desa Hanjak Maju, Teras, TA P3MD Pulpis, Sunardi, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat, sejumlah RT dan warga masyarakat desa setempat.

Ketua Bumdes Desa Hanjak Maju, Muhammad Hilmi menyampaikan, karena telah tercapainya hajat dalam upaya pembelian mobil operasional untuk kelancaran kegiatan bumdes.

"Kita sangat bersyukur, karena hajat kita selama ini dapat terwujud. Sehingga kita dapat membeli mobil sebagaimana nantinya diperuntukan untuk alat transportasi bagi pengurus dan anggota bumdes dan untuk kepentingan masyarakat desa setempat," ucap Hilmi begitu sapaan akrabnya kepada KabarKalteng, Selasa (3/7/2018).

Menurutnya, alat transportasi berupa mobil operasional bumdes itu, dibeli melalui penyertaan modal dana desa tahun anggaran 2018.

"Semoga dengan adanya alat transportasi ini kita harapkan nantinya dapat mempermudah para anggota bumdes dan masyarakat setempat dalam melakukan aktifitas atau kegiatan desa. Masukan dan Saran-saran dari desa tentunya sangat kami harapkan," tutur Hilmi.

Sementara itu, Kepala Desa Hanjak Maju, Teras dalam hal ini sangat mengapresiasi kinerja yang dilakukan oleh pihak bumdes di desa yang dirinya pimpin itu. Teras mengungkapkan berkat kerjasama baik antara desa dan bumdes sehingga apa yang selama ini diinginkan oleh pengurus bumdes dapat terealisasi.

"Intinya kami selalu mendukung asal dalam kebaikan. Pesan saya, manfaatkanlah alat transportasi itu dengan sebaik mungkin. Kita jaga dan kita rawat bersama-sama," ucapnya.

Menurut Teras, alat transportasi ini selain kegunaannya untuk pengurus bumdes, juga nantinya dapat membantu masyarakat setempat. Semisal untuk keperluan menghantar orang sakit dan melahirkan. "Yaa.., yang sifatnya daruratlah," tukasnya.

Ia juga berharap, mudah-mudahan dengan adanya alat transportasi ini dapat menunjang desa ke depannya ke arah lebih baik dan maju lagi.

"Saya juga acungkan jempol atas kerjasamanya selama ini dengan pihak desa," ungkap kades.

Sementara itu terpisah, Tenaga Ahli  P3MD yang menangani bidang Bumdes, Sunardi menyampaikan, sedikitnya ada 67 bumdes di Kabupaten Pulang Pisau ini yang kita anggap sudah berhasil.

Meski demikian setelah dikerucutkan, ada dua kategori yakni Bumdes yang terbilang aktif dalam pelaksanaannya kegiatan dan ada juga Bumdes yang hanya diam di tempat saja.

"Nah untuk Bumdes Desa Hanjak Maju ini, kita lihat salah satu Bumdes yang terlihat dalam pelaksanaa kegiatannya. Saya tentunya memberikan apresiasi dan dukungan yang sebesar-besarnya kepada pemerintah desa dan bumdes," katanya.

Ia berharap semoga pemberdayaan, kemandirian, kekuatan serta kesejahteraan bagi masyarakat desa dapat menjadi lebih baik.

"Selalu bersinergis dengan pihak2 terkait sehingga kita dapatkan poin-poin penting. Dengan harapan kita dapat menghasilkan pendapatan asli desa melalui bumdes itu sendiri atau melalui usaha masyarakat lainnya," tandasnya.[manan]


TAG