Hadapi Kemarau, PDAM Barsel Siapkan Penambahan Pompa

Print Friendly and PDF


BUNTOK - Menghadapi musim kemarau tahun ini, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) akan mempersiapkan pompa air tambahan untuk penyaluran air bersih kepada pelanggan di wilayah kota Buntok dan sekitarnya.

Kapala PDAM Barsel Maryanto ketika diwawancarai awak media, Senin (30/7/2018) di ruang kerjanya mengatakan, bahwa untuk saat ini pihaknya memiliki 11.184 pelanggan.

Dia menyadari, bahwa banyaknya pelanggan tersebut sangat tidak sebanding dengan fasilitas yang dimiliki PDAM sekarang.

"Tiga pompa yang kita miliki saat ini hanya bisa menyalurkan air bersih sekitar 85 liter per detik," ujarnya.

Mestinya, lanjut Marianto, dari jumlah pelanggan yang ada tersebut, minimal harus disalurkan 100 liter air perdatik. Agar kebutuhan pelanggan dapat terpenuhi secara maksimal dan merata.

"Tapi apa mau dikata, kalau untuk saat ini, kemampuan peralatan kami hanya sebatas itu," imbuhnya.

Walau demikian, tutur Marianto, pihaknya tetap berusaha untuk mempersiapkan satu pompa lagi, terlebih dalam menghadapi musim kemarau. Agar keperluan pelanggan di wilayah kota Buntok dan sekitarnya benar - benar dapat terpenuhi.

"Kepada Pemerintah Daerah, Pemerintah Provinsi bahkan Pemerintah Pusat, kami telah mengusulkan agar fasilitas yang dimiliki saat ini, mendapat perhatian untuk diberi bantuan  penambahan peralatan. Termasuk mobil tangki," harapnya.[kenedy]


TAG