Gali Teknik Lapor, Anggota DPRD Kota Mojokerto Kunker di Kapuas

Print Friendly and PDF


KUNKER - Plt Kadis Kominfo Kabupaten Kapuas H. Suwarno Muriyat menerangkan mengenai program LAPOR (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat) dan Program Teknologi informasi lainya yang ada di Kabupaten Kapuas kepada DPRD Kota Mojokerto, Senin (23/7) pagi di Ruang Rapat Bupati Kapuas.

KUALA KAPUAS - Kabupaten Kapuas menjadi tujuan dari DPRD Kota Mojokerto untuk Kunjungan Kerja (Kunker) terkait program Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (Lapor) dan Program Teknologi informasi lainnya.

Kunjungan tersebut dipimpin langsung oleh Koordinator Komisi I, H Junaedi Malik yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Mojokerto dan diikuti oleh H.Riha Mustofa selaku Ketua Komisi I beserta para anggotanya.

Kedatangan DPRD Kota Mojokerto tersebut disambut langsung oleh Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kapuas H. Suwarno Muriyat di lingkungan Setda Kabupaten Kapuas, Senin (23/7) pagi.

Koordinator Komisi I dan Ketua Komisi I DPRD Kota Mojokerto menyampaikan tujuan kedatangan mereka ke Kabupaten Kapuas adalah untuk mengetahui Teknik dalam pelaksanaan program Lapor dan program teknologi yang ada di Kabupaten Kapuas yang ingin mereka dalami, sekaligus berdiskusi secara langsung yang mana Kabupen Kapuas dianggap sukses oleh DPRD Kota Mojokerto dalam mengelola program lapor.

"Jika ini bisa kami terapkan di Kota Mojokerto tentu akan sangat baik," terang H. Riha Mustofa.

Sementara dalam Sambutannya. Plt Diskominfo menyampaikan ucapan selamat datang di Kabupaten Kapuas atau yang lebih dikenal dengan sebutan Kota Air yaitu Kota yang Aman, Indah dan Ramah, serta menjelaskan mengenai Kabupaten Kapuas dari Sejarah, lokasi wisata, kerajinan lokal hingga tempat tempat yang sering dikunjungi wisatawan.

Terkait program lapor dan program teknologi informasi yang ada di Kabupaten Kapuas, ia menyampaikan ada beberapa program yang sudah dijalankan seperti program Lapor itu sendiri dan e-planing, untuk upaya yang telah dilakukan Diskominfo sendiri telah membentuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM)  yang mana masyarakat dapat memanfaatkan jaringan internet untuk belajar dan memanfaatkannya lebih lanjut.

"Kami juga saat ini sedang mengebangkan Program Aplikasi Simaya yaitu Sistem Informasi Administrasi Perkantoran Maya, yang mana dengan aplikasi ini nanti semuanya bisa dilakukan secara online baik itu dispo surat ataupun penandatanganan berkas," ucapnya.

Untuk Aplikasi Lapor merupakan suatu aplikasi yang dikembangkan oleh Kemenpan RB yang mana daerah dapat mengadopsinya dan mengelola layanan pengaduan online didaerah yang terintegrasi pada Kantor Staf Kepresidenan dan Kemenpan RB serta diawasi langsung oleh Ombudsman.

Dengan dioptimalkannya Aplikasi Lapor ini di Kabupaten Kapuas diharapkan sebagai sarana aspirasi dan pengaduan yang dijalankan dengan prinsip mudah, terpadu dan tuntas sebagai saluran partisipasi masyarakat untuk pengawasan pembangunan dan pelayanan publik di daerah.

Mengenai teknis pelaksanaan program Lapor Kasi Pengelola Komunikasi Publik, Gusti Mahfuz memperaktekan langsung cara kerja Aplikasi Lapor dengan mencoba mengirimkan SMS Pengaduan ke 1708 dan bagaimana menangani laporan dari masyarakat untuk ditindak lanjuti SOPD sebagai Pejabat Penghubung lebih lanjut.[angga]


TAG