Dua PAUD Naungan Kemenag Kapuas segera Diakreditasi

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Dua buah lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD)  Raudhatul Athfal (RA) setingkat Taman Kanak-kanak (TK) di Kabupaten Kapuas dipersiapkan untuk diakreditasi, atau melalui kegiatan penilaian kelayakan program satuan pendidikan berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan.

"RA Perwanida dan RA Muslimat NU dipersiapkan menjadi sasaran akreditasi," ungkap Kepala Kemenag Kapuas melalui Kasi Pendidikan Madrasah, H Sajarwan, Kamis (19/7/2018) ditemui di ruang kerjanya.

Menurutnya, bersama Dinas Pendidikan Kabupaten setempat pihaknya, baru saja melakukan sosialisasi terkait akreditasi PAUD dan pendidikan non formal (PNF).

"Perlu ada peningkatan dengan adanya akreditasi ini penting, untuk mengetahui sejauh mana kelayakan program yang dikelola lembaga satuan pendidikan tersebut, khususnya RA," tandas Sajarwan.

Menurutnya, di Kabupaten Kapuas saat ini tersebar 16 RA yang dinaungi oleh Kemenag. Dalam akreditasi nantinya Kemenag akan dilibatkan, khususnya pada RA.

Akreditasi, lanjutnya, melihat gambaran kinerja sekolah sebagai sarana pengembangan dan peningkatan mutu. Selain itu untuk menentukan tingkat kelayakan sebuah sekolah dalam penyelenggaraan pelayanan pendidikan.

"Kepada RA yang belum terakreditasi agar mempersiapkan diri," harapnya.

Persiapan dimaksud tak lain tentang apa yang menjadi tolak ukur, yaitu 8 standar pendidikan yang harus bisa dipenuhi lembaga PAUD tersebut.[zulkifli]


TAG