Dorong Kemajuan Koperasi dan UKM, Gubernur Kalteng Terima Satya Lencana dari Presiden

Print Friendly and PDF


JAKARTA - Puncak Hari Koperasi Nasional ke-71 yang dilangsungkan di Indonesia Convention Exhibition (ICE)-BSD Grand Boulevard Raya City Tangerang, Banten, Kamis (12/7/2018), tampak menjadi spesial bagi Gubernur Kalimantan Tengah, H Sugianto Sabran.

Itu karena di hari tersebut, orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai ini menerima Tanda Kehormatan Satya Lencana (KSL) Pembangunan langsung dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

"Diberikannya bintang tanda kehormatan KSL kepada gubernur Kalteng itu karena dinilai bahwa dorongan gubernur terhadap kegiatan koperasi dan UKM (Usaha Kecil Menengah, red) sangat besar di Kalteng," terang Pj Sekda Kalteng, Fahrizal Fitri.

Menurut Fahrizal, Gubernur Kalteng menginginkan para pelaku UKM bisa andil dalam setiap event promo yang diadakan, seperti Kalteng Expo. Ini penting agar produk-produk koperasi dan UKM bisa dipromosikan dan dikenalkan kepada masyarakat luas yang ada di Nusantara ini. 

Apalagi, lanjutnya, di setiap pameran atau expo selalu diimbau kepada panitia untuk tidak memungut biaya sewa stand pameran. Bahkan ketika gubernur berkunjung ke salah satu stand, beliau selalu berusaha membantu secara pribadi untuk menambah modal usaha.

"Gubernur juga mendorong agar proses perizinan koperasi dan UKM dipermudah," jelas Fahrizal.

Gubernur juga telah membuat edaran agar pemerintah di Kabupaten dan kota yang ada di Kalteng, ikut membina koperasi dan UKM, serta membantu mereka berkembang agar bisa menjadi penunjang perekonomian masyarakat di tingkat bawah.

Sementara itu, di momen penganugerahan KLS itu juga turut diberikan penghargaan serupa oleh Presiden Jokowi kepada Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor. Hanya dua gubernur di Indonesia yang mendapatkan KLS dari Presiden.[deni]


TAG