Dispora Pulpis Gelar Seleksi Festival Olahraga Rekreasi dan Tradisional

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU -  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulang Pisau (Pulpis) melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) menggelar seleksi festival olahraga rekreasi dan tradisional tingkat Kabupaten Pulang Pisau tahun 2018 di halaman GPU Handep Hapakat, Kota Pulang Pisau, Senin (30/7/2018).

"Pemenang ini nantinya akan mengikuti lomba yang sama di Kota Palangka Raya untuk tingkat provinsinya dan di Bali untuk tingkat nasionalnya. Tapi pada 2019 mendatang," ucap Kepala Dispora Pulang Pisau, Sekon, saat ditemui media ini, Senin (30/7/2018) di lokasi acara.

Menurut Sekon, pelaksanaan festival olahraga rekreasi ini setiap tahunnya dilaksanakan oleh Pemkab Pulpis melalui Dispora setempat.

"Kita setiap tahun melaksanakan seleksi lomba tradisional ini. Namun untuk tingkat provinsi dan nasional terjadwal pada tahun ganjil," katanya.

Diterangkan Sekon, sedikitnya ada lima cabang olahraga tradisional diperlombakan pada seleksi ini, yakni lomba di hadang putri, sumpit putra, ketapel putra, terompah putri dan patok lele.

"Peserta yang ikut seleksi lomba ini dari tingkat SLTP/sederajat, SLTA/sederajat dan juga peserta umum dari masyarakat,"  jelasnya.

Ia berharap nantinya pemenang dari seleksi lomba ini mampu bersaing pada tingkat selanjutnya, yakni tingkat provinsi dan nasional.

"Tahun 2017 lalu, untuk lomba tingkat provinsi kita hampir semuanya memperoleh juara. Namun pada tingkat nasional kita hanya mampu meraih peringkat 4 di lomba Engrang yang berlangsung di Kota Banjarmasin. Semoga tahun depan kita dapat yang lebih baik lagi," tuturnya.[manan]


TAG